Latih Keterampilan Negosiasi, Kemnaker Gandeng KSBSI dan Organisasi Pengusaha “Apindo”

Latih Keterampilan Negosiasi, Kemnaker Gandeng KSBSI dan Organisasi Pengusaha “Apindo”

KSBSI.ORG: Kementerian Ketenagakerjaan (Kemnaker) Direktorat Kelembagaan dan Kerja Sama Hubungan Industrial Direktorat Jenderal (Ditjen) PHI & menyelenggarakan Pelatihan Terampil Bernegosiasi Dalam Hubungan Industrial di Hotel Golden Boutique, Jakarta.

Baca juga:  Negara Berkembang Harus Investasi 1,2 Triliun Dolar Untuk Perlindungan Sosial, Covid-19 dan PHK, Ini Pendapat Ketum FSB NIKEUBA, Menaker Berdayakan Pekerja Perempuan Terdampak Covid-19,

Pelatihan yang dilakukan selama dua hari dari 26 Agustus hingga 27 Desember 2020  ini diikuti oleh 130 peserrta dari masing-masing Pengurus yang terdiri dari unsur Serikat Pekerja/Serikat Buruh (SP/SB), unsur pengusaha, dan Pemerintah baik pusat maupun daerah.

 

Kepala Sesi Ditjen PHI JSK, Muhamad Kisfan, mengatakan bahwa pelatihan ini diharapkan dapat mendorong para pengurus serikat maupun di tingkat perusahaan  bisa menjadi sosok negosiator-negosiator  yang handal untuk mengatasnamakan dari pihak masing-masing yang bisa bekerja sama, dan diharapkan dari pengurus serikat bisa mendelegasikan untuk bisa menyampaikan aspirasinya sehingga terciptanya hubungan industrial yang harmonis dan  berkesinambungan.  

 

“Dari kegiatan ini Pemerintah berharap dapat tercipta negosiator-negosiator yang keterampilan bernegosiasi serta unggul dan berkualitas. Baik dari perusahaan maupun dari orgasisasi SP/SB, organisasi pengusaha,” kata Muhamad Kisfan.

 

Selain itu, menurut Muhamad Kisfan para Negosiator harus bisa melakukan kaderisasi pembentukan tim perunding di SP/SB. Sehingga dapat terjalin kerja sama antara organisasi SP/SB dengan manajemen perusahaan dalam menciptakan negosiator yang mumpuni sehingga dengan pandai berunding di harapkan bisa membuat PKB yang baik.

 

“Timbulkan dialog sosial dan forum-forum baik forum HRD ataupun forum buruh/pekerja sebagai salah satu upaya mewujudkan hubungan industrial yang harmonis, sebab dengan komunikasi yang baik tidak ada masalah yang tidak bisa terselesaikan,”Tutupnya. 

Komentar