Mohon Dukungan Doa, Kantor KSBSI Jambi Akan Diresmikan Akhir 2020

Mohon Dukungan Doa, Kantor KSBSI Jambi Akan Diresmikan Akhir 2020

KSBSI.ORG: JAMBI Wacana mendirikan Kantor Konfederasi Serikat Buruh Seluruh Indonesia (KSBSI) Provinsi Jambi, Sumatera sebenarnya sudah lama ingin diwujudkan. Akhirnya, pada agenda Rapat Kerja Wilayah (Rakerwil) KSBSI Jambi 2019, seluruh pengurus cabang dan anggota federasi yang berafiliasi dengan KSBSI bersepakat untuk mewujudkannya dengan dana mandiri.

Baca juga:  Beberapa Pasal RUU Cipta Kerja Terindikasi Melanggar Nilai-Nilai HAM,

Nah, tahun ini, akhirnya semua pengurus di KSBSI Jambi melakukan gotong royong mengumpulkan dana mandiri untuk membeli tanah dan pembangunan gedung. Walau hari ini Indonesia ikut terdampak Covid-19, namun tak menyurutkan komitmen yang sudah dibangun bersama.

 

Roida Pane Koordinator Wilayah (Korwil) KSBSI Jambi menyampaikan saat ini proses pembangunan gedung KSBSI sedang berjalan. Letak pembangunan gedung 2 lantai tersebut berada di Kelurahan Pematang Sulur, Ranai Pura daerah sekitar Komplek Perkantoran Gubernur Jambi. Dia menyampaikan dukungan semua pengurus dan anggota tinggi sekali mengumpulkan dana, sehingga pembangunan masih terus berjalan.

 

“Untuk mengumpulkan dana kami sudah punya komitmen bersama dengan cara iuran bulanan dari semua anggota federasi sebesar Rp.1000 orang per-bulan. Lalu ada juga spontanitas bantuan dari pengurus dan anggota diluar kesepakatan iuran bulanan,” ujarnya, saat diwawancarai lewat seluler, 6 September 2020.

 

Sebagai penanggung jawab pembangunan kantor KSBSI Jambi, ia menyampaikan terima kasih kepada semua pengurus dan anggota. Karena sampai hari ini dukungan tetap mengalir, baik secara doa dan materi. Terkait dukungan Pemda Jambi, Roida mengatakan pihaknya memang belum mengkonfirmasi pembangunan gedung yang sedang dibangun dengan alasan pandemi Covid-19 untuk meminta bantuan dana.

 

Sebab tak bisa dibantah bahwa virus Corona, telah membawa dampak krisis keuangan negara. Makanya, ditengah situasi yang tak mendukung itu, dia bersama pengurus dan anggota lebih mengutamakan semangat kekeluargaan. Lalu berapa biaya keseluruhan pembangunan gedung? Roida menjawab diprediksi bisa mencapai Rp.350 juta,

 

“Nah kalau untuk biaya membeli tanah beda lagi. Dana membeli tanahnya juga hasil iuran bersama yang dikumpulkan dari 2019,”ungkapnya.

 

Dia juga mohon dukungan doa kepada seluruh keluarga besar KSBSI di Indonesia agar pembangunan gedung berjalan lancar. Walau tak bisa dibantah, pada awal pandemi Covid-19, rencana pembangunan dan iuran memang sempat tertunda dari jadwal yang ditentukan.

 

“Karena sempat banyak anggota kita yang terkena PHK dan dirumahkan dan ini menjadi kendala. Tapi kondisinya sekarang sudah mulai normal dan mayoritas anggota juga masih bersemangat agar pembangunan gedung segera terealisasi,” terangnya.

 

Terakhir, dia menyampaikan pembangunan kantor KSBSI Jambi ditargetkan selesai akhir bulan Desember tahun ini. Rencananya, peresmian kantor baru tersebut, pihaknya akan mengundang DEN KSBSI, jajaran birokrasi Pemda Jambi serta lintas serikat buruh/pekerja untuk mengadakan acara syukuran.

 

Intinya, pembangunan gedung KSBSI Jambi dengan mengumpulkan dana swadaya dan semangat tinggi, bisa membawa inspirasi. Serta menjadi proyek percontohan cabang-cabang lainnya untuk bergotong royong membangun kantor secara mandiri. (A1)   

Komentar