ILO Gelar Kompetisi Media Global ke- 6 Tentang Pekerja Migran

ILO Gelar Kompetisi Media Global ke- 6  Tentang Pekerja Migran

KSBSI.ORG: Organisasi Perburuhan Internasional (ILO) meluncurkan Kompetisi Media Global tahunan ke enam untuk mengakui liputan tentang pekerja migran dan dan rekrutmen yang adil. Kompetisi ini bertujuan untuk mempromosikan pelaporan berkualitas tentang masalah migrasi tenaga kerja.

Baca juga:  Kalau RUU Cipta Kerja Tak Berpihak, KSBSI Siapkan Gugatan ke MK,

Selain itu kompetisi yang digelar memberikan penghargaan kepada dua bagian media yang diterbitkan. Untuk pertama kalinya juga akan diberikan hadiah untuk dua 'sinopsis' cerita tentang kriteria migrasi tenaga kerja dan rekrutmen yang adil.

 

Michelle Leighton, Kepala Cabang Migrasi Tenaga Kerja ILO dan salah satu juri kompetisi juga mengatakan tahun ini, peliputan khusus terkait dampak pandemi Covid-19 terhadap pekerja migran dan keluarganya. Termasuk terkait dengan tidak dibayarkannya gaji, akan didorong dan dipandang baik.

 

“Saat ini, Pandemi Covid-19 semakin memperjelas kebutuhan akan pelaporan media yang akurat, seimbang dan etis terhadap korban pekerja migran, ”kata Michelle Leighton.

 

Lanjutnya, kategori sinopsis akan terbuka untuk jurnalis profesional dan mahasiswa. Serta memberikan kesempatan untuk mendapatkan sumber daya untuk mengembangkan cerita sesuai standar jurnalis yang akan dipublikasikan. Kriteria pemenang nantinya juga diseleksi dari ahli dalam migrasi dan jurnalisme internasional.

 

“Termasuk harus menunjukkan kreativitas dan data akurasi, menggunakan terminologi yang memadai yang melindungi para migran. Mampu mengkampanyekan anti diskriminasi dan menyoroti manfaat migrasi tenaga kerja yang diatur dengan baik, aman, dan perekrutan yang adil,” ujarnya.

 

Kompetisi ini didukung oleh Konfederasi Serikat Pekerja Internasional, Organisasi Pengusaha Internasional, Kantor Komisioner Tinggi Hak Asasi Manusia, Federasi Jurnalis Internasional, Equal Times, Pusat Solidaritas, dan Forum Migran di Asia.

 

Kompetisi ini juga diselenggarakan dengan dukungan dari proyek 'Aksi Global untuk Meningkatkan Kerangka Kerja Rekrutmen Migrasi Tenaga Kerja' (REFRAME) yang didanai oleh Uni Eropa, dan 'Program Terpadu tentang Perekrutan yang Adil - Tahap II' (FAIR II) yang didanai oleh SDC.

 

Lalu bagaiman bagaimana ingin menjadi peserta kompetisi?

 

Lengkapi formulir pendaftaran online dalam kategori kategori "profesional" atau "pelajar". Anda dapat mengirimkan karya Anda dalam kategori berikut: pers tertulis, esai foto, multimedia, video atau radio. Lihat Syarat dan ketentuan lengkap untuk detailnya. Untuk memenuhi syarat,  penulisan harus telah diterbitkan antara 1 November 2019 dan 31 Oktober 2020 (lihat Syarat dan Ketentuan untuk detailnya).

 

Materi penulisan dan pengiriman dalam bahasa apa pun diperbolehkan, namun terjemahan bahasa Inggris, Prancis, atau Spanyol harus disertakan jika materi yang dikirimkan, atau sebagian dari materi itu dalam bahasa lain. Batas waktu pengiriman, melalui formulir pendaftaran online, 31 Oktober 2020 (23:59, Waktu Eropa Tengah): Batas waktu pengiriman, melalui formulir pendaftaran online.

 

Pemenang kompetesi akan diumumkan sebelum 18 Desember 2020 (Hari Migran Internasional). Bagi pemenang, akan memberikan tiga hadiah bagi jurnalis profesional atau ahli media tentang topik migrasi tenaga kerja atau rekrutmen pekerja migran yang adil. Kemudian hadiah akan diberikan untuk satu media yang diterbitkan dan satu hadiah akan diberikan untuk sinopsis.

 

Kompetisi ini juga akan memberikan satu hadiah kepada jurnalis mahasiswa untuk sinopsis topik migrasi tenaga kerja atau perekrutan pekerja migran yang adil,” jelasnya.

 

Para pemenang dapat memilih antara uang tunai (US $ 1.200 di media yang diterbitkan dan US $ 500 untuk kategori sinopsis) atau beasiswa berbayar untuk berpartisipasi dalam kursus pada tahun 2021 tentang rekrutmen yang adil atau migrasi tenaga kerja di Pusat Pelatihan Internasional ILO (lihat Syarat dan Ketentuan lengkap untuk detailnya). untuk informasi lebih jelas, kontak: labour-migration-media-competition@ilo.org. (A1)

Komentar