Solidaritas Buruh Global Desak Pembebasan Aktivis Buruh Kamboja

Solidaritas Buruh Global Desak Pembebasan Aktivis Buruh Kamboja

KSBSI.ORG Konfederasi Serikat Buruh Internasional (ITUC) telah menyerukan pembebasan segera tanpa syarat terhadap aktivis serikat buruh Rong Chhun dari negara Kamboja dengan tanpa syarat. Akibat penangkapan itu, menjadi gelombang solidaritas dari gerakan serikat pekerja global untuk mendukung pemimpin serikat yang dipenjara.

Baca juga:  Hukatan KSBSI Tanjung Jabung Barat Berhasil Bikin Program Kuliah Untuk Buruh , KSBSI-ELA Bahas Agenda Penguatan Organisasi,

Selama ini, Rong Chhun adalah Presiden Konfederasi Serikat Pekerja Kamboja (CCU) yang dikenal sangat kritis membela hak pekerja. Pada Juli 2020, dia ditangkap karena komentarnya di Facebook tentang petani Kamboja di perbatasan yang kehilangan tanah ke Vietnam. Selain itu, Sor Saknika, Presiden Asosiasi Buruh Informal Kamboja, juga ditangkap dan ditahan setelah menyerukan pembebasan Rong Chhun.

 

Sharan Burrow, Sekretaris Jenderal ITUC, mengatakan Penangkapan Rong Chhun, dan penahanan lebih dari 20 aktivis hak asasi lainnya di Kamboja, adalah kasus terang-terangan penindasan terhadap kebebasan berekspresi, berkumpul secara damai dan berserikat.

 

Dan bukan hanya ITUC dan Education International yang mendesak pembebasan tanpa syarat. Enam pelapor khusus Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) juga telah turun tangan dalam kasus ini, yaitu Komisi Tinggi Hak Asasi Manusia PBB. Lembaga internasional ini sangat prihatin dan 5.876 orang telah bergabung dalam kampanye LabourStart menuntut kebebasan bagi para pemimpin serikat

 

“Sudah waktunya pemerintah Kamboja membuktikan komitmennya terhadap hak asasi manusia. Sudah waktunya untuk membebaskan Rong Chhun dan semua aktivis hak lainnya dan menghentikan serangan terhadap kebebasan rakyat di Kamboja ini,” tegas Sharan Burrow. (A1)

 

Komentar