FPE KSBSI Sukses Tandatangani Pembaruan PKB dengan Energy Equity Epic (Sengkang) PTY. LTD

FPE KSBSI Sukses Tandatangani Pembaruan PKB dengan Energy Equity Epic (Sengkang) PTY. LTD

KSBSi.ORG, Hari ini Federasi Pertambangan dan Energi Konfederasi Serikat Buruh Seluruh Indonesia (FPE KSBSI) sukses melakukan agenda pembaruan Perjanjian Kerja Bersama (PKB) dengan Manajemen Energy Equity Epic (Sengkang) PTY. LTD. Momen penting ini juga dihadiri langsung Elly Rosita Silaban Presiden KSBSI dan Riswan Lubis Ketua Umum FPE KSBSI.

Baca juga:  Ketua KASBI Diperiksa Polisi, Alson Naibaho: Diskriminasi di Indonesia Masih Terjadi,

Saat dihubungi melalui seluler, Riswan Lubis menjelaskan proses pembaruan PKB dilakukan Pengurus Komisariat (PK) FPE Energy Equity Epic (Sengkang) PTY. LTD dengan perwakilan manajemen perusahaan. Seharusnya perpanjangan PKB dilakukan tahun lalu. Namun karena terjadi pandemi Covid-19, makanya baru bisa dilakukan tahun ini.

“Menurut saya pembaruan PKB ini dengan pihak manajamen Energy Equity Epic (Sengkang) PTY. LTD suatu keberhasilan ditengah pandemi Covid-19. Karena banyak sekarang ini perusahaan terpaksa tutup dan buruh kehilangan pekerjaan dan dirumahkan,” ucapnya, Selasa (16/3/21).

Riswa juga menjelaskan isi dalam PKB tersebut tidak ada yang dirubah dari kesepakan perjanjian sebelumnya. Pihak perusahaan tetap berkomitmen untuk mensejahterakan buruh/pekerjanya. Termasuk hubungan industrial dengan perusahaan telah berjalan baik.

“Bahkan hubungan komunikasi kami dengan manajemen perusahaan tidak hanya di tingkat pengurus komisariat. Tapi sampai tingkat cabang dan pusat juga sangat sering melakukan komunikasi kalau ada persoalan untuk diselesaikan secara dialog,” jelasnya.

Memang, pada awal berdirinya pengurus komisariat di perusahaan sempat ada persoalan. Namun setelah rutin dilakukan agenda sosial dialog, akhirnya pihak manajemen bisa menerima secara terbuka kehadiran FPE KSBSI. Termasuk bagi buruh yang dinyatakan terkena Covid-19, perusahaan pun bertanggung jawab terhadap perawatan medisnya.

Dia berharap, agar perwakilan PK FPE Energy Equity Epic (Sengkang) PTY. LTD dengan perwakilan manajemen perusahaan harus bisa membangun hubungan industrial untuk kedepannya. Sebab, hasil kesepakatan PKB yang baru ditandatangani merupakan prestasi dan percontohan untuk pengurus komisariat di daerah lainnya.

 “Saya juga akan terus berupaya untuk menjalin komunikasi dan menguatkan agenda sosial dialog dengan perusahaan. Supaya nantinya tingkat produksi perusahaan berjalan dengan baik dan kesejahteraan buruh pun bisa membaik,” ucapnya.

Perusahaan Energy Equity Epic (Sengkang) PTY. LTD bergerak di sektor gas dan berada di Kabupaten Wajo Sulawesi Selatan. Dan keseluruhan buruh di perusahaan tersebut sudah menjadi anggota FPE KSBSI, dari jabatan rendah sampai yang tertinggi. (A1)

Komentar