ITUC: Pihak Berwenang Yaman Telah Melanggar Hak Serikat Buruh

 ITUC: Pihak Berwenang Yaman Telah Melanggar Hak Serikat Buruh

KSBSI.ORG, Konfederasi Serikat Buruh Internasional (ITUC) meminta pihak berwenang di Yaman untuk berhenti mencampuri kegiatan serikat pekerja dan mengembalikan aset yang dimiliki oleh Federasi Umum Serikat Pekerja Yaman (GFYTU) yang telah disita. ITUC juga membeberkan, bahwa pihak berwenang Negara Yaman sedang berusaha membentuk serikat pekerja dibawah kendalinya. Sebagai tandingan dan dalam upaya melemahkan GFYTU.

Baca juga:  Pemprov DKI Jakarta Terbitkan STRP Dimasa PPKM Darurat, Aktivis KSBSI: Belum Memihak Buruh ,

Sekretaris Jenderal ITUC Sharan Burrow mengatakan rakyat Yaman semakin mengalami penderitaan ditengah kondisi konflik senjata yang berkepanjangan. Ditambah lagi pandemi Covid-19 semakin menyebabkan kehancuran semakin berlarut.

 

“Pihak berwenang harus berhenti mencampuri urusan GFYTU, mengembalikan properti yang telah diambil dari pusat serikat dan terlibat dalam dialog. Serta negosiasi sesuai dengan standar perburuhan internasional, ”kata Sharan Burrow.

                             

Menurutnya jalan dialog dan penghormatan terhadap hukum internasional harus menjadi solusi. Bukan konfrontasi dan pelanggaran standar internasional. ITUC selanjutnya menegaskan kembali dukungannya untuk inisiatif internasional yang bertujuan untuk mengakhiri perang di Yaman. Kemudian menyerukan kepada pihak-pihak yang berkonflik untuk menanggapi secara positif seruan dan inisiatif untuk dialog, perdamaian dan jalan keluar dari darurat kemanusiaan yang ada di negara tersebut. (sumber ITUC)

 

Komentar