Tertarik Program 1 Juta Sarjana, Daftar Segera Disini

Tertarik Program 1 Juta Sarjana, Daftar Segera Disini

Untuk pendaftaran dan penjelasan sistem kemudahan dalam perkuliahan dan bagaimana skema pembiayaannya, buruh dapat langsung bertanya atau menghubungi Diklitbang KSBSI di nomor 0812-8123-9149 dan 0821-1200-5657 (WA)

Baca juga:  Tertarik Program 1 Juta Sarjana, Daftar Segera Disini,

KSBSI.ORG, JAKARTA - Alson Naibaho, Kepala Departemen Pendidikan, Penelitian dan Pengembangan (Diklitbang) Konfederasi Serikat Buruh Seluruh Indonesia (KSBSI) mengatakan, pendidikan menjadi hal yang sangat penting bagi Buruh untuk menyongsong era Revolusi Industri 4.0.

Istilah Revolusi Industri 4.0 muncul pertama kali dalam World Economic Forum untuk menandakan bahwa dunia telah memasuki fase baru dalam industri.

Dalam sejarahnya Revolusi Industri Pertama dimulai dengan adanya penemuan mesin uap dan mesin manufaktur pada abad 18. Kemudian Revolusi Industri Kedua ditandai dengan adanya penemuan mesin listrik dan produksi massal dan standardisasi industri pada Abad ke-19.

Pada Abad ke-20 lahirlah Revolusi Industri Ketiga yang ditandai dengan adanya komputer dan teknologi informasi, sedangkan Revolusi Industri Keempat atau 4.0, merupakan revolusi industri yang ditandai dengan pekerjaan yang banyak menggunakan internet, robot, dan kecerdasan buatan.

Alson mengatakan, berbagai jenis pekerjaan dan profesi diprediksi akan hilang dan digantikan dengan robot atau komputer. Bahkan pekerjaan yang hilang juga berkembang kepada pekerjaan yang sudah mengandalkan skill tinggi dan pengetahuan.

Oleh karena itu, dibutuhkan upgrade skill buruh KSBSI untuk menyongsong era ini dengan program 1 juta sarjana buruh KSBSI.

"Melalui Pendidikan Sarjana, akan meningkatkan daya saing Buruh KSBSI yang pada akhirnya berdampak untuk kehidupan yang lebih baik," kata Alson dalam keterangan resminya, Kamis (8/7/2021).

Dijelaskannya, KSBSI melalui Diklitbang yang bertugas sebagai pelaksana dari program saru juta Sarjana, bekerjasama dengan Yayasan Pundi Nasional Abadi (YAPUNASA) terus melakukan sosialisasi kepada Anggota KSBSI di seluruh Indonesia

"Ini memang tahun pertama dari program ini. Tentu butuh upaya dari kita, bagaimana Program ini dapat tersampaikan kepada seluruh Anggota dan juga masyarakat umum." terangnya.

Sebagai program jangka panjang, Alson berharap kedepan program ini berjalan dengan baik, makin mendapat respon positif dari Buruh KSBSI dan juga masyarakat pada umumnya.

"Kita butuh dukungan dari berbagai pihak, baik pihak internal KSBSI, seperti DPP Federasi, Korwil KSBSI, DPC Federasi Sampai tingkat Komisariat, dan juga dukungan dari eksternal, seperti Pemerintah maupun lembaga-lemabaga terkait, Kemnaker, Kementerian Perindustrian dan lainnya," tandas Alson.

Pendaftaran

Diketahui, untuk pendaftaran dan penjelasan sistem kemudahan dalam perkuliahan dan bagaimana skema pembiayaannya, buruh dapat langsung bertanya atau menghubungi Diklitbang KSBSI di nomor 0812-8123-9149 dan 0821-1200-5657 (WA).

Komentar