Konfederasi Serikat Buruh Internasional Ucapkan Selamat Kepada 3 Ekonom Peraih Nobel 2021

 Konfederasi Serikat Buruh Internasional Ucapkan Selamat Kepada 3 Ekonom Peraih Nobel 2021

.

JSBSI.org, Sharan Burrow Sekjen Konfederasi Serikat Buruh Internasional (ITUC) menyampaikan selamat kepada 3 ekonom David Card, Joshua Angrist, dan Guido Imbens yang berhasil mendapatkan penghargaan Hadiah Nobel 2021 dalam bidang ekonomi. Mereka pernah melakukan penelitian dampak dunia nyata pada kehidupan ekonomi. Dimana, secara empiris, bahwa gagasan yang digembar-gemborkan para ekonom konservatif tentang upah minimum yang lebih tinggi berarti lebih sedikit pekerjaan tidak berdasarkan pada fakta.

Baca juga:  Beredar Wacana, Upah Buruh Sektor TGSL Sebaiknya Skala Nasional ,

Sharan Burrow menyampaikan 3 pemikir ekonom pemenang Hadiah Nobel ini telah menghancurkan teori lama dan membangun teori ekonomi baru tapi sangat berpengaruh di dunia.  Bahwa memastikan bahwa pekerja memiliki upah minimum yang layak entah bagaimana berarti kehilangan pekerjaan.

                       

“Mereka yang telah menghancurkan teori mitos ekonomi konservatif selama beberapa dekade kepada pemerintah serta lembaga yang telah memberlakukan teori yang sama, tanpa bukti yang tepat. Atau melawan bukti sebaliknya, bertanggung jawab atas jutaan demi jutaan orang yang hidup dalam kemiskinan.

 

“Mereka berhasil memastikan bahwa upah hidup minimum harus melalui proses hukum atau perundingan bersama sangat penting untuk mengakhiri kemiskinan. Serta membalikan tren jangka panjang dari penurunan pembagian pendapatan tenaga kerja. Karena meningkatnya permintaan dan membangun dasar untuk pemulihan pekerjaan layak akibat ketidakdilan di dunia yang semakin tidak merata, tandasnya.

 

David Edward Card seorang akademisi ekonomi yang meraih gelar profesor di University of California. Pada 1990 an, dia pernah membuat penelitian mengenai dampak kenaikan upah minimum di sektor makanan cepat saji di negara bagian New Jersey, AS. Hasil dari riset itu,  akhirnya  mendorong tinjauan kebijaksanaan konvensional, bahwa kenaikan upah minimum selalu menyebabkan kehilangan pekerjaan.

Lalu 2 profsor ekonomi yang mendapat menerima nobel Joshua Angrist adalah profesor ekonomi dari Massachusetts Institute of Technology dan Guido Imbens kelahiran Negara Belanda pengajar dari Stanford University. Kedua akademisi ini pernah melakukan penelitian tentang sebab maupun akibat dari efek pasar tenaga kerja. (A1)

Komentar