Ini Catatan IFJ Tentang Pekerja Media Yang Tewas di Seluruh Dunia Selama Tahun 2021

  Ini Catatan IFJ Tentang Pekerja Media Yang Tewas di Seluruh Dunia Selama Tahun 2021

.

KSBSI.org, Beberapa waktu lalu, Federasi Jurnalis Internasional (IFJ) merilis daftar tahunan jurnalis dan profesional media yang melaporkan 45 pembunuhan selama 2021 di 20 negara. Dan turun dari 65 pembunuhan yang tercatat tahun lalu pada 2020. Sejak 1991, menurut angka IFJ, 2721 pekerja awak media telah terbunuh di seluruh dunia.

Baca juga:  Terkait K3, Pemerintah Belum Meratifikasi Konvensi ILO Nomor 155 Tahun 1981 dan No. 161/198,

Angka tersebut merupakan salah satu korban tewas terendah sejak IFJ mulai menerbitkan laporan tahunan tentang wartawan yang tewas dalam insiden terkait pekerjaan, termasuk pembunuhan yang ditargetkan, kematian akibat baku tembak serta serangan bom.

 

Wilayah Asia Pasifik menduduki puncak daftar regional dengan 20 pembunuhan, sebelum Amerika (10), Afrika (8), Eropa (6) dan Timur Tengah dan Dunia Arab hanya pada satu. Ada juga kecelakaan maut yang merenggut nyawa dua jurnalis di Iran.

 

Meskipun penurunan ini merupakan berita yang disambut baik, ini adalah sedikit kenyamanan dalam menghadapi kekerasan lanjutan yang merenggut nyawa jurnalis di negara-negara seperti Afghanistan (9), Meksiko (8), India (4) dan Pakistan (3).

 

Ini juga memberikan bukti lebih lanjut untuk temuan berulang dalam publikasi ini bahwa lebih banyak jurnalis dan pekerja media lebih sering dibunuh karena mengungkap korupsi, kejahatan, dan penyalahgunaan kekuasaan di komunitas, kota, dan negara mereka.

 

Risiko yang terkait dengan konflik bersenjata telah berkurang dalam beberapa tahun terakhir karena paparan terbatas bagi para profesional media yang semakin sedikit dalam melaporkan close-up dari sandiwara perang. Pada saat yang sama, ancaman kekuasaan geng kriminal dan kartel narkoba dari daerah kumuh di Meksiko hingga jalanan kota-kota Eropa di Yunani dan Belanda terus meningkat. Sehingga menjadi penyebab banyak pembunuhan yang ditargetkan terhadap pekerja media pada tahun 2021.

 

“45 rekan kerja kami yang kalah dalam kekerasan tahun ini mengingatkan kami akan pengorbanan mengerikan yang terus dibayar oleh jurnalis di seluruh dunia untuk melayani kepentingan publik. Dan kami tetap berhutang kepada mereka dan ribuan lainnya yang membayar harga tertinggi,” kata Sekretaris Jenderal IFJ Anthony Bellanger.

 

IFJ percaya bahwa satu-satunya penghargaan yang sesuai untuk tujuan yang mereka berikan dalam hidup mereka adalah pengejaran tanpa henti untuk keadilan bagi mereka. Itu sebabnya kami terus mengadvokasi adopsi Konvensi Perserikatan Bangsa-Bangsa baru untuk perlindungan jurnalis yang akan memastikan akuntabilitas atas pembunuhan jurnalis,” tutupnya. (A1/red)

 

Komentar