Kemnaker Luncurkan Migrant Mart Untuk PMI Purna

Kemnaker Luncurkan Migrant Mart Untuk PMI Purna

foto istimewa

KSBSI.org, Kementerian Ketenagakerjaan (Kemnaker) membuat terobosan baru dengan meluncurkan pasar swalayan kecil (minimarket) yang diberi nama Migrant Mart. Sekadar tahu, ide gagasan ini sebelumnya sudah pernah disampaikan para Pekerja Migran Indonesia (PMI) yang sudah purna. Atau tepatnya, mereka telah berhenti bekerja di luar negeri.

Baca juga:  Konvensi ILO 190 Dan Sebab Mangkraknya Kekerasan Pelecehan Seksual Di Tempat Kerja,

Selain menyediakan kebutuhan sehari-hari, Migran Mart juga dapat menjadi wadah pemberdayaan bagi PMI Purna serta menjadi posko pengaduan, edukasi, berbagi pengalaman, informasi kerja, dan pelatihan untuk calon PMI. 

 

“Melalui Migrant Mart ini, diharapkan para PMI Purna bisa membagi pengalamannya selama bekerja di luar negeri kepada para calon PMI,” ucap Direktur Jenderal Pembinaan Penempatan Tenaga Kerja dan Perluasan Kesempatan Kerja Kemnaker, Suhartono, ketika meresmikan Migrant Mart, di Jalan Soekarno Hatta nomor 580, Kota Bandung, Jawa Barat, Minggu (6/2/2022).

 
Lanjutnya, dia menyampaikan Migran Mart adalah solusi efektif bagi para PMI yang memutuskan tidak lagi bekerja ke luar negeri. Artinya, dengan adanya Migran Mart, kesinambungan ekonomi mantan PMI dapat terjamin. Kemnaker juga akan mengembangkan Migran Mart  dengan menggunakan sepeda motor, agar dapat menjangkau para konsumen terutama daerah kantong-kantong PMI di seluruh Indonesia.

 
“Saya ingin Migran Mart ini juga dapat dikembangkan pada daerah kantong-kantong PMI di seluruh Indonesia,” ujarnya. (A1/Red)

 

Komentar