PT. Freeport Indonesia Tandatangani PKB ke 22

PT. Freeport Indonesia Tandatangani PKB ke 22

Albert Janampa (Ketua PK FPE KSBSI PT. Freeport, serahkan cinderamatake Predir PT. Freeport, Tony Wenas

KSBSI.org, Akhirnya Perjanjian Kerja Bersama (PKB) PT. Freeport Indonesia ditandatangani di Manado, Sulawesi Utara. Penandatanganan PKB ke 22 ini dilakukan di hotel Four Points pada, 17 Maret 2022. Hadir dalam penandatangan PKB tersebut Presiden Direktur PT. Freeport, Tony Wenas, masing-masing Ketua Serikat ditingkat perusahaan dan anggota tim perunding.

Baca juga:  Dianggap Tak Becus Bekerja, KSBSI Desak Jokowi Evaluasi Anak Buahnya Terkait Langkanya Minyak Goreng ,

Adapun ketua serikat ditingkat perusahaan yang hadir yakni, Albert Janampa ketua PK FPE PT. Freeport sekaligus ketua tim perunding, didampingi Lukas Saleo selaku ketua PUK SP KEP dan Virgo Solossa selaku ketua SPMP. Nah, yang menarik kali ini PK FPE PT. FI memimpin tim perundingan dimana jumlah anggota tim perunding PKB kali ini FPE, 5 orang, SPKEP, 2 orang dan SPMP, 2 orang.

Pada kesempatan penandatanganan PKB tersebut Albert Janampa didaulat untuk menyampaikan kata sambutan yang didampingi oleh Lukas Saleo dan Virgo Solossa. “Kita berharap apa yang telah kita sepakati dalam perundingan PKB kali ini dapat kita jalankan, kita jaga dan kita tingkatkan. Dan ini milik kita bersama, untuk itu kita harus sama-sama menjaga apa yang diberikan Tuhan terhadap tambang Freeport,” ucapnya.

Sementara itu Tony Wenas dalam sambutannya menjelaskan bahwa pilihan Manado sebagai lokasi penanda tangan PKB karena telah menjadi kesepakatan tim perunding. Dia menceritakan bahwa dalam sejarah Freeport, ini adalah perundingan PKB yang paling cepat, dimana perundingan ini dimulai pada, 17 Januari 2022 dan diakhir pada, 9 Februari 2022,” ungkapnya.

Sementara itu Dirjen PHI dan Jamsos Kementerian Ketenagakerjaan Indah Anggoro Putri juga ikut menyaksikan proses penandatanganan via Zoom. Dimana saat albert Janampa Ketua PK FPE SBSI PT. Freeport Indonesia menyerahkan cinderamata ke Presiden Freeport Indonesia Tony Wenas. 

Dalam kata sambutannya, Indah Putri Anggoro mengharapkan PKB yang telah ditandatangi dapat dijalankan dengan baik. Distribusi isi PKB kepada para buruh yang bekerja di PT. Freeport Indonesia harus segera dilakukan, ucapnya.

Sementara Marjan Tusang selaku Ketua DPC FPE Kab. Mimika sekaligus tim perunding PHI PT. Freeport, Marjan menjelaskan bahwa dalam perundingan PKB periode 2022-2024 ada beberapa hal perubahan. Yakni tentang kenaikan upah sebasar 4 persen untuk tahun 2022 dan 3 persen untuk tahun 2023. Selain itu ada kenaikan terhadap transport, uang makan dan saving plant. Khusus uang saving plant hanya dibayarkan sekali.

“Beberapa tahun belakangan ini perundingan PKB PT Freeport tergolong berjalan lancar dan membuat sebagian besar pihak cukup merasa tenang,” ungkap Marjan.

Marjan juga berharap organisasi yang dipimpinnya di Timika terus dapat berkembang dan mampu meningkatkan kesejahteraan anggota dengan social dialog. (fpe-sbsi.or.id)

 

Komentar