Tolak Kekerasan, ITUC Peringatkan Dampak Perang Ukrania-Rusia

  Tolak Kekerasan, ITUC Peringatkan Dampak Perang Ukrania-Rusia

.

KSBSI.org, Perang Ukrania-Rusia menyebabkan penderitaan dan kehilangan nyawa manusia yang tak terhitung. Lebih dari 3,5 juta orang warga sipil Ukrania telah meninggalkan negaranya dalam waktu kurang dari sebulan. Sehingga jumlah total pengungsi di dunia menjadi hampir 25 juta.

Baca juga:  Jelang Peringatan Hari Pekerja Internasional, ITUC Ingatkan Pentingnya Kesehatan dan Keselamatan Kerja ,

Konfederasi Serikat Buruh Internasiona atau International Trade Union Confederation (ITUC) menyampaikan terima kasih kepada relawan kemanusiaan afiliasi Ukraina dan serikat pekerja di negara-negara tetangga untuk menyambut pengungsi dan membantu memenuhi kebutuhan mereka. Termasuk ITUC juga mendesak kedua negara ini harus segera melakukan pembahasan perdamaian. Serta mendesak menarik semua pasukan Rusia dari Ukrania. 

Dampak global

Sharan Burrow Sekretaris Jenderal ITUC mengatakan diluar perang Rusia dan Ukraina, invasi Putin Presiden Rusia memiliki konsekuensi geopolitik dan ekonomi global dan telah mengungkap kelemahan dalam sistem multilateral. ITUC menekankan dampak global berikut sebagai akibat dari invasi yang memerlukan tindakan segera:

 - Krisis lapangan kerja global yang memburuk: Ketergantungan pada ekspor minyak dan gas Rusia berarti bahwa biaya energi di seluruh dunia akan meningkat lebih jauh dan kelangkaan beberapa produk lain akan berdampak pada rantai pasokan global di berbagai bidang, sehingga menempatkan pekerjaan dalam risiko. Tingkat pekerjaan masih belum kembali bahkan ke tingkat pra-pandemi pada 2021 ada 13 juta lebih sedikit perempuan dalam pekerjaan formal dibandingkan dengan tahun 2019.

- Memeras rumah tangga: Baik Rusia maupun Ukraina adalah pengekspor utama biji-bijian. Berbagai negara sangat bergantung pada ekspor gandum, jagung, tanaman lain, dan minyak goreng. Meningkatnya biaya energi dan makanan, dengan krisis biaya hidup yang sudah ada di banyak negara sebelum invasi, akan meningkat karena gangguan rantai pasokan global di komoditas ini dan lainnya dari kawasan menambah tekanan pada rumah tangga yang sudah berjuang karena dari upah rendah.

- Meningkatnya ketidakamanan: Perang baru di Eropa dan kegagalan untuk menjaga perdamaian di Afrika, Amerika, Asia-Pasifik dan Timur Tengah telah menunjukkan perlunya kerangka kerja global yang efektif untuk keamanan bersama.

- Pengalihan keuangan: Peningkatan pengeluaran militer global, saat ini sekitar US$2 triliun per tahun, akan mengalihkan keuangan vital dari kebutuhan ekonomi dan sosial yang penting dan pendanaan aksi iklim.

- Keserakahan perusahaan: Hanya empat perusahaan perdagangan komoditas, yang mengendalikan sebagian besar perdagangan biji-bijian dunia, membuat rekor keuntungan tahun lalu ketika ekonomi mulai terbuka selama pandemi COVID-19.

Sekretaris Jenderal ITUC Sharan Burrow mengatakan dengan pencatutan energi, keserakahan perusahaan tidak boleh dibiarkan menyebabkan lebih banyak ketidakamanan dan kemiskinan. Krisis pengungsi global semakin berkembang dan jumlah pengungsi di dunia meningkat. Dengan jumlah total mendekati 25 juta dan puluhan juta lainnya mengungsi di negara mereka sendiri.

 Lembaga keuangan internasional, mengambil langkah mendesak untuk memperluas perlindungan sosial kepada jutaan orang di seluruh dunia yang menghadapi kelaparan, bahkan kelaparan. Serta harga energi yang tidak terjangkau dan kekurangan energi. pasokan utama seperti pupuk,” jelasnya.

 

Kemudian, ada juga kekhawatiran yang berkembang bahwa bantuan yang sangat dibutuhkan ke Ukraina akan setidaknya sebagian diambil dari bantuan pembangunan resmi yang ditujukan untuk beberapa negara paling tidak kaya di dunia.

 

“Invasi Putin adalah mimpi buruk bagi mereka yang menghadapi kenyataan sehari-hari tentang peluru, bom, dan roket, dan itu akan memiliki konsekuensi yang sangat merusak di seluruh dunia, terutama bagi yang termiskin dan paling rentan,” ujarnya.

 

Kemudian  tindakan mendesak diperlukan dan pelajaran tentang ketergantungan bahan bakar fosil, keragaman dalam rantai pasokan global dan garis patahan lainnya yang terungkap oleh perang ini. Termasuk tidak adanya kerangka kerja multilateral untuk keamanan bersama, harus dipelajari dan diterapkan.

 

“Pemerintah setiap negara perlu mempertimbangkan kebijakan penetapan harga dan tanggapan terhadap dampak ekonomi dari perang ini perlu difokuskan terutama pada mereka yang paling membutuhkan,” tutupnya. (red)

 

                                         

Komentar