Binson: Genap 30 Tahun, KSBSI Tetap jadi Rumah Aspirasi Buruh dan Masyarakat

Binson: Genap 30 Tahun, KSBSI Tetap jadi Rumah Aspirasi Buruh dan Masyarakat

Binson Purba, Ketua Umum DPP FSB KIKES sekaligus Ketua Panitia HUT KSBSI Ke-30 Tahun. (Foto: RedHuge/KBB)

Salah satu capaian dari perjuangan KSBSI adalah berhasil mendorong diberlakukannya Ketentuan pemberian Tunjangan Hari Raya Keagamaan dan sistem perhitungan gaji yang lebih baik

Baca juga:  PT. Freeport Indonesia Tandatangani PKB ke 22,

KSBSI.org, JAKARTA - Binson Purba, Ketua Panitia HUT KSBSI ke-30 mengatakan genap sudah perjuangan KSBSI ke 30 tahun. Bukan hal yang mudah bahwa KSBSI Sudah teruji dan menjadi harapan bagi banyak buruh di Indonesia.

"Teruji dan satu kebanggaan buat kita sebab dari sekian banyak organisasi, KSBSI terpilih sebagai Chair Labour 20. Harapan kita ke depan, KSBSI tetap menjadi rumah perjuangan buruh, tetap menjadi aspirasi bagi Masyarakat," kata Binson dalam sambutannya, Senin (25/4/2022).

Selain itu, Binson juga berharap KSBSI tetap menjadi kontrol bagi kebijakan Pemerintah di bidang Ketenagakerjaan.

Dalam sejarah panjang KSBSI, organisasi ini merupakan pelopor serikat buruh independen yang pertama di Indonesia. Lahir pada 1992, di tengah represifitas pemerintah pada saat itu, banyak aktivis KSBSI yang sempat mengalami berbagai tekanan, seperti intimidasi, kekerasan dan beberapa diantaranya bahkan di penjara, karena dianggap membangkang dan melawan negara.

Namun seiring dengan terjadinya perubahan politik dan kebijakan pemerintah dari waktu ke waktu, Serikat Buruh KSBSI (SBSI) pada saat itu) mulai diterima Pemerintah dan dibolehkan berserikat.

Salah satu capaian dari perjuangan KSBSI adalah berhasil mendorong diberlakukannya Ketentuan pemberian Tunjangan Hari Raya Keagamaan dan sistem perhitungan gaji yang lebih baik.

[RedHuge/KBB]

Komentar