Hadir di Agenda Rapat Umum, Riswan Lubis: PK FPE KSBSI PT. Freeport Indonesia Telah Membuat Prestasi Terbaik

 Hadir di Agenda Rapat Umum, Riswan Lubis: PK FPE KSBSI PT. Freeport Indonesia Telah Membuat Prestasi Terbaik

Riswan Lubis Ketua Umum Dewan Pengurus Pusat (DPP) FPE KSBSI.

KSBSI.org, Bertempat di Kabupaten Mimika Provinsi Papua, Pengurus Komisariat Federasi Pertambangan dan Energi Afiliasi Konfederasi Serikat Buruh Seluruh Indonesia (PK FPE KSBSI) PT. Freeport Indonesia mengadakan agenda rapat umum agenda komisariat. Acara pembukaan langsung dihadiri Riswan Lubis Ketua Umum Dewan Pengurus Pusat (DPP) FPE KSBSI.

Baca juga:  FESDIKARI Gelar Rapat Perdana Tingkatkan Kapasitas Berorganisasi ,

Kemudian Deny Magay dan Nikodemus Purba perwakilan Vice Presiden PT. Freeport Indonesia, lalu Santi Sondakh perwakilan Dinas Ketenagakerjaa Kabupaten Mimika Papua, Verry K Boekan Kepala Cabang BPJS Ketenakerjaan Kabupaten Mimika. Perwakilan organisasi masyarakat yang ada dilingkungan perusahaan dan perwakilan PK FPE KSBSI yang selama ini bekerja sama dengan PT. Freeport Indonesia.

Riswan Lubis dalam kata sambutanhya mengatakan kegiatan ini merupakan agenda internal organisasi yang dilakukan setiap 3 tahun sekali. Tepatnya untuk mengganti dan memilih kepengurusan yang baru tingkat pengurus komisariat dia perusahaan.

Dalam kata sambutannya, Riswan berharap agar pengurus dan anggota PK FPE KSBSI PT. Freeport Indonesia agar tetap mompak membesarkan organisasi. Dia menilai, perkembangan serikat buruhnya di di perusahaan tersebut sangat pesat. Bahkan beberapa PK baru dibawah FPE KSBSI sudah berdiri di PT. Freeport Indonesia.

“Walau sudah menunjukan prestasi yang baik, saya meminta semua pengurus dan anggota tetap rendah hati dan tidak sombong,” ucap Riswan saat diwawancarai lewat seluler, Senin (23/5/2022). 

Riswan menyampaikan sekarang ini ada 3 perwakilan serikat buruh di PT. Freeport Indonesia. Diantaranya, SPKEP SPSI, FPE KSBSI dan SPMP. Namun dalam agenda Perjanjian Kerja Bersama (PKB), utusan FPE KSBSI mendapat perwakilan terbanyak dalam agenda perundingan. Artinya, dia mengatakan posisi tawar serikat buruhnya sudah diperhitungkan oleh perusahaan.

“PK FPE KSBSI PT. Freeport Indonesia sekarang ini memang yang terbesar dan membuat prestasi terbaik. Tapi saya meminta jangan tinggi hati. Melainkan pengurus harus tetap menghormati kawan-kawan serikat pekerja/buruh lainnya di perusahaan tersebut. Dan harus rajin mendengarkan semua aspirasi anggota,” jelasnya.

Begitu juga, hubungan sosial dialog PK FPE KSBSI PT. Freeport Indonesia sekarang ini semakin harmonis dengan pimpinan perusahaan. Kedua belah pihak saling pengertian. Nah apabila ada persoalan hubungan industrial di perusahaan, langsung cepat diselesaikan dengan cara pendekatan komunikasi.

“Hubungan baik pimpinan PT. Freeport Indonesia tidak hanya dengan tingkat pengurus komisariat saja. Bahkan dengan saya dan jajaran Dewan Pengurus Pusat (DPP) FPE KSBSI pun sangat harmonis,” ungkap Riswan.

Untuk agenda kerja sama kedepannya, Riswan mengatakan akan tetap mempertahankan hubungan yang sudah terbangun dengan baik ini. Termasuk memperkuat kualitas program pendidikan kepada pengurus dan anggotanya di PT. Freeport Indonesia agar Sumber Daya Manusia (SDM) meningkat. Termasuk akan memperkuat hubungan agenda sosial dialog dengan PT. Freeport Indonesia.

“Supaya hubungan komunikasi kami tetap terjalin dengan baik untuk meningkatkan produktivitas dan kesejahteraan buruh di perusahaan,” ungkapnya. (A1)

 

Komentar