Mengenal Apa Itu Labour 20 atau L20 Presidensi G20 Indonesia

Mengenal Apa Itu Labour 20 atau L20 Presidensi G20 Indonesia

(Oleh : Sulistri/Maria Ermeninta) sebagai Co Chair L20 Presidensi G20 Indonesia Disampaikan dalam forum L20 Road to Bali, bertempat di Hotel Aryaduta Manado, Sulawesi Utara. Labour 20 atau L20 mulai hadir di arena G20 tahun 2008 di London dan Pittsburg, tetapi baru sepenuhnya diakui sebagai lembaga resmi (outreach) pada G20 tahun 2011.

Baca juga:  Presiden KSBSI Sampaikan Isu Perlindungan Sosial dalam Forum L20 Manado , L20 dan C20 Bahas Perlindungan Sosial di Pertemuan Kedua EWG Presidensi G20 Indonesia ,

L20 direpresentasikan oleh ITUC, secara unik didampingi oleh TUAC dalam OECD. Biasanya mengemas acara bersama-sama Serikat Buruh tuan rumah yang disebut HTUC (Host Trade Union Center)

Struktur unik di Indonesia: Jokowi mengedepankan Nasionalisme dan menunjuk L20 Indonesia dan diberi mandate penuh pada proses G20 tahun 2022 (senada dengan G20 Saudi tahun 2019)

L20 Presidensi G20 Indoneisa di SK-kan oleh Kementrian Koordinator Bidang Perekonomian Republik Indonesia (Kemenko) pada Nopember 2021 : Chair dan 2 Co-Chair L20, diperkuat oleh tim ahli dan berkordinasi dengan ITUC (dan terkadang KSPI) rata-rata setiap 2 minggu.

Mengusung kampanye New Social Contract (Kontrak sosial Baru), lalu menyusun 3 isu prioritas: Perlindungan buruh platform di era digital (Hubungan kerja, tercakup dalam jaminan sosial, sistem K3 dan akses berserikat dan perundingan Bersama)

Pekerjaan yang layak dan cakupan jaminan sosial nasional (Tindakan & implementasi Kebijakan, maternitas,  pengangguran, K3, tunjangan disabilitas, perluasan perlindungan sosial dan jaminan usia tua sekaligus mempromosikan Dana global untuk jaminan sosial)

Transisi berkeadilan bagi buruh terimbas perubahan iklim dan digital ekonomi (Peralihan ke energi bersih yang berpotensi menghilangkan pekerjaan harus disertai penciptaan lapangan kerja baru yang hijau, Road map ketenagakerjaan, Skenario penghapusan energi berbasis fosil dibicarakan secara tripartite, Transparansi proses, kebijakan dan program)

Labour 20 telah dan akan melakukan kegiatan dalam rangkaian A Road To Bali antara lain dengan mengelar, Kick Off Meeting L20 pada 31 Januari 2022, Pendalaman isu dengan Business20 (April dan Juni, menginisisasi MoU nasional dan global. Bersinergi dengan Engagement Grup lain: B20, Y20, C20, SAI20. Intervensi di Working Grup: EWG, DWG,ETWG, TWG. Sosialisasi isu prioritas internal dan eksternal: Medan, DKI Jakarta, Jawa Barat, Bali, Manado, Ambon dan Bandung. 

Progres masukan dari L20 antara lain jaminan dan perlindungan sosial menjadi salah satu isu kuat dalam ketenagakerjaan.

Aspirasi L20 terkait Transisi Energi bersih di Indonesia berpeluang besar menjadi salah satu agenda global G20. Bertepatan dengan Roadmap Stop batubara 2060 dan COP26. Di dukung oleh banyak pihak: Bapenas, ILO, B20 USAID, GIZ, ILO UNESCAP.

Persoalan platform menjadi sorotan penting, analisis nasional menguat, Best Praktis beberapa negara semakin dikenal, dan akan menjadi trendmark untuk Indonesia. 

Labour Summit atau pundak pembahasan L20 yakni pada 13-14 Nopember 2022, dihadiri sekitar 70 delegasi serikat buruh negara G20, peluang bertemu dengan pimpinan negara masing-masin. Momentum di sela LEMM September 2022, 10-12 delegasi L20 dan B20, momentum bertemu Menaker masing-masing. 


Komentar