Ketum FSB NIKEUBA Hadiri Kongres dan Perayaan 100 Tahun WOW

 Ketum FSB NIKEUBA Hadiri Kongres dan Perayaan 100 Tahun WOW

Carlos Rajagukguk Ketua Umum Ketua Umum Dewan Pengurus Pusat Federasi Serikat Buruh Niaga, Informatika, Keuangan, Perbankan dan aneka Industri (DPP FSB NIKEUBA)

KSBSI.org, Carlos Rajagukguk Ketua Umum (Ketum) Dewan Pengurus Pusat Federasi Serikat Buruh Niaga Informatika keuangan Perbankan dan Aneka Industri (DPP FSB NIKEUBA) afiliasi Konfederasi Serikat Buruh Seluruh Indonesia (KSBSI) sedang berada di Vienna Austria. Tujuannya hadir di negara ini untuk menghadiri undangan kongres World Organization of Workers (WOW) internasional dan merayakan 100 tahun berdirinya organisasi tersebut.

Baca juga:  Dihadiri Wakil Walikota dan DPRD, Sahala Aritonang Berikan Pelatihan Organiser Untuk Pengurus Federasi Serikat Pendidikan dan Pelatihan Industri Kota Bandar Lampung,


Dia mengatakan bahwa perayaan WOW ke-100 seharusnya dirayakan pada 2021 lalu karena dibentuk di Kota Luxemburg. Namun kondisi saat it masih terjadi Pandemi Covid-19 akhirnya terpaksa ditunda. Tapi syukurlah, situasi pandemi di dunia semakin  menurun. Sehingga peringatan perayaan 100 tahun WOW bisa diadakan tahun ini.   

“Saya sangat terkesan menghadiri momen penting acara ini. Karena banyak bertemu orang dari berbagai negara dan saling berbagi pengalaman aktivis serikat  buruh menghadapi pandemi.  Seperti mengatasi masalah Pemutusan Hubungan Kerja (PHK) pengurangan upah dan kondisi lainnya diantara para peserta undangan,” kata Carlos, saat diwawancarai secara tertulis, Jumat (4/6/2022).

Carlos menjelaskan dia menghadiri kongres ini sebagai perwakilan FSB Nikeuba dan perwakilan WOW Asia. Sebab serikat buruh yang dipimpinnya berafiliasi ke WOW internasional dan WOW tingkat Asia. Sementara peserta kongres yang menghadiri acara tersebut mencapai 90 orang. Dimana terdiri dari perwakilan region Amerika Latin (Argentina,Peru,Venezuela dan Meksiko), Amerika Utara (Kanada), Afrika (Mali), Eropa (Austria,Jerman,Belanda serta negara peserta undangan lainnya) 

“Nah acara kongres diadakan di Arcotel Vienna dari tanggal 1-4 Juni 2022,”  ucapnya.

Selama 4 hari berlangsungnya kegiatan, Carlos menyampaikan ada beberapa agenda yang dibahas. Diantaranya membahas anggaran dasar serta memilih pemimpin yang baru. “Hasil keputusan kongres memilih Presiden WOW Wayne Prins dari Negara Kanada terpilih sebagai presiden untuk masa kepengurusan 2022-2026,” terangnya.

Kemudian materi diskusi selama acara kongres adalah tentang bagaimana WOW bisa mempengaruhi kebijakan yang bisa memberikan perlindungan sosial pada buruh. Pasalnya,kebijakan perlindungan sosial buruh diberbagai negara masih banyak yang lemah. Hal ini juga memang tidak terlepas dari fleksibilitas pasar kerja.

“Kami juga berdiskusi tentang peran aktivis serikat buruh mengatasi ancaman perubahan iklim atau Climate Change. Dan membangun solidaritas untuk korban perang di Ukraina. Tentu WOW akan berupaya melakukan intervensi pada saat International Labor Conference (ILC) berlangsung,” ungkapnya.

Seloain itu, Carlos juga diminta tampil berbicara di forum tersebut. Dia menceritakan sebagaimana layaknya kongres serikat buruh tingkat internasional maka setiap peserta perwilayah wajib melaporkan aktivitas kegiatanynya. Termasuk memberikan laporan perkembangan tiap regional atau negara masing-masing terkait situasi perburuhan terkini.

“Hampir semua negara mengalami kesulitan baik karena pandemi, digitalisasi, situasi politik maupun akibat regulasi yang cenderung merugikan buruh. Sehingga dari arena kongres ini berpendapat solidaritas masih relevan dilakukan,” ungkapnya.

Dia berharap semoga organisasi WOW tetap solid. Bisa berupaya mempengaruhi kebijakan perburuhan ditingkat internasional. “Dan semakin banyak serikat yang bergabung ke organisasi ini,” tandasnya. (A1)

Komentar