Di Sidang ILC, ILO Berikan Terobosan besar dalam Kesehatan dan Keselamatan Kerja

Di Sidang ILC, ILO Berikan Terobosan besar dalam Kesehatan dan Keselamatan Kerja

.

KSBSI.org, Orang-orang yang bekerja di seluruh dunia akan mendapat manfaat langsung dari keputusan hari ini di Konferensi Perburuhan Internasional (ILC) untuk mengakui kesehatan dan keselamatan kerja sebagai prinsip dasar kelima dan hak di tempat kerja.

Baca juga:  Disela Sidang ILC ke-110, Presiden KSBSI Bertemu Dan Berdialog dengan Sekjen ITUC,

Perubahan oleh ILC dan parlemen PBB untuk masalah tempat kerja adalah perpanjangan pertama dari hak asasi manusia pekerja dalam seperempat abad. Lebih dari 3 juta pekerja per tahun meninggal karena pekerjaan mereka dan puluhan juta lainnya menderita luka-luka dan sakit. Kemenangan ini, dari kampanye tiga tahun berkelanjutan oleh serikat pekerja, profesional dan praktisi dan keluarga korban, akan mulai mengubah gelombang mematikan itu.

 

Ini menambahkan hak atas lingkungan kerja yang sehat dan aman ke dalam empat hak yang diadopsi pada tahun 1998 oleh Organisasi Perburuhan Internasional (ILO):


1. Kebebasan berserikat dan pengakuan efektif atas hak untuk berunding bersama.

2. Penghapusan kerja paksa atau kerja wajib.

3. Penghapusan pekerja anak.

4. Penghapusan diskriminasi sehubungan dengan pekerjaan dan jabatan.


ILC, yang menyatukan serikat pekerja, perwakilan pengusaha dan pemerintah dari negara-negara anggota, juga mengadopsi Konvensi ILO 155 tentang kesehatan dan keselamatan kerja dan Konvensi 187 tentang mempromosikan kesehatan dan keselamatan sebagai 'konvensi mendasar' yang wajib dijunjung oleh semua negara anggota ILO. .

 

Konvensi semacam itu juga sering disertakan dalam perjanjian perdagangan, aturan pembiayaan internasional, dan standar rantai pasokan global.

 

Sekretaris Jenderal ITUC Sharan Burrow mengatakan Pandemi COVID-19 menunjukkan tanpa keraguan. Bahwa tindakan diperlukan untuk melindungi pekerja yang terlalu sering dipaksa untuk memilih antara kesehatan dan mata pencaharian mereka. Tidak ada yang harus mati hanya untuk mencari nafkah.

 

“Pekerja dan serikat pekerja di seluruh dunia telah memperingati Hari Peringatan Buruh Internasional setiap 28 April berkabung untuk yang meninggal dan berjuang untuk yang masih hidup. Sekarang kita harus merayakan kemenangan ini dan mulai membuat hak-hak ini efektif.”

 

Serikat pekerja sekarang akan berkampanye untuk meningkatkan jumlah negara yang meratifikasi dan menerapkan semua konvensi kesehatan dan keselamatan ILO. Memberikan pekerja hak untuk berkonsultasi mengenai penilaian risiko. Lalu pemberantasan bahan kimia beracun dan organisasi kerja beracun termasuk jam kerja yang panjang, serta peralatan dan pelatihan pelindung gratis. dan hak untuk menolak pekerjaan berbahaya.

 

Serikat buruh juga akan berkampanye untuk memperluas akses ke layanan kesehatan kerja di luar 20% pekerja di seluruh dunia yang saat ini memilikinya, serta pembayaran sakit universal sejak hari pertama, lebih banyak kekuatan untuk perwakilan keselamatan tempat kerja serikat pekerja dan lebih banyak komite keselamatan bersama,” ucapnya. (ituc.org)

 

 


Komentar