Dalam Forum Diskusi L20, Michiko: Transisi Yang Adil Penting Bagi Buruh

Dalam Forum Diskusi L20, Michiko: Transisi Yang Adil Penting Bagi Buruh

ksbsi.org-Bagor- Belum lama ini, dalam rangka Labor20 Road to Bali Labour20 kembali mengelar agenda diskusi tentang Mempromosikan Sosial Dialog Untuk Transisi Yang Adil atau "Promoting Social Dialogue to Enchance a Just Transition". Agenda ini dilakukan di Swiss BellHotel, Bogor pada, Rabu (6/07/2022).

Baca juga:  Mengenal Apa Itu Labour 20 atau L20 Presidensi G20 Indonesia,

Dalam kesempatan itu, Michiko Miyamoto selaku Direktur ILO Jakarta mengatakan bahwa, saya ingin mendengar bagaimana kawan-kawan membahas lebih dalam tentang isu transisi yang adil di antara anggota serikat pekerja/ serikat buruh dengan narasumber, karena Labour20 sebagai subjek penting bagi semua anggota serikat pekerja/serikat buruh. 

"Saya berharap kawan-kawan menggunakan forum ini dengan sebaik-baiknnya dan tentunya diskusi ini akan mendapatkan rekomendasi bagus. ILO benar-benar ingin melihat bahwa forum buruh L20 dapat meningkatkan kesadaran akan transisi yang adil dan kesadaran betapa pentingnya transisi yang adil ini bagi semua pekerja." katanya.

"Jika kita bisa mengadvokasi dan meningkatkan kesadaran akan isu transisi yang adil, itu akan sangat bagus karena isu transisi bukan hanya terkait perubahan suhu saja, bukan hanya mengubah energi menjadi energi terbarukan, akan tetapi ada banyak sektor-sektor industri yang harus beralih dan berlanjut." 

Michiko mengingatkan kembali bahwa, bisa jadi itu terjadi di sektor perikanan, pertanian dan banyak industri lainya, bukan hanya energi saja. Jadi saya ingin kita memperjuangkan ini bagi pekerja, karena kita perlu menciptakan pekerjaan yang akan berlanjut untuk waktu yang lama dan untuk anggota serikat pekerja tentunya.

"Saya sangat senang memiliki kesempatan untuk berdiskusi lebih dalam hari ini, jadi terakhir saya berharap, diskusi ini bisa mendapatkan rekomendasi sebagai masukan dalam G20 mendatang." tutupnya.

Hadir dalam agenda tersebut, antara lain sebagai peserta diskusi dari perwakilan lintas Federasi Serikat Pekerja/Serikat Buruh Indonesia, Speech by ILO Jakarta by Michiko Miyamoto-ILO Jakarta director, Chair B20 Md. Shinta Kamdani, Chair L20 Elly Rosita Silaban beserta jajaran dengan Keynote speech Mr. Anwar Sanusi, Chair Employment Working Group. (RED/HTS/MBJ)

Komentar