Forum Diskusi L20, Chair EWG:Dorong Pekerjaan Hijau dan Layak

Forum Diskusi L20, Chair EWG:Dorong Pekerjaan Hijau dan Layak

ksbsi.org-Bogor-Perubahan iklim dan transisi energi merupakan tantangan global yang perlu direspon oleh kita semua. Pasalnya isu ini tidak hanya menyangkut masalah lingkungan saja, melainkan mempunyai hubungan yang tak terpisahkan dengan ketenagakerjaan, kata Anwar Sanusi selaku Chair Employment Working Group (EWG) dalam Forum Diskusi L20 tentang mempromosikan sosial dialog untuk transisi yang adil, yang dilakukan di Swiss BellHotel Bogor pada, Selasa (06/07/2022).

Baca juga:  Dalam Forum Diskusi L20, Michiko: Transisi Yang Adil Penting Bagi Buruh,

"Dengan semangat humanity dan kolaborasi kita saling meningkatkan upaya mitigasi perubahan iklim dan transisi energi dalam semua aspek kebijakan pembagunan nasional dalam kontek ketenagakerjaan, sehingga transisi yang adil serta rendah karbon bisa terwujud." katanya.

Tantangan utama pasar ketenagakerjaan dan penciptaan lapangan kerja membutuhkan ketrampilan yang tepat, vokasi harus dilakukan secara tepat dengan memperhatikan aspek sosial budaya serta kesiapan tenaga kerja saat ini, sehingga transisi yang adil, tejangkau dan iklusif bisa terwijud.

Atas pertimbangan pembangunan nasional dengan menerapkan target zero emision dan ramah lingkungan, mitigasi perubahan iklim, Kemnaker berencana mengadakan aksi nasional dampak perubahan iklim, mempersiapkan transisinya, dan memastikan satupun tidak ada yang tertinggal.

"Membuat rencana jangka panjang untuk merespon isu transisi energi dengan melibatkan kementerian yang lain. Tentu saja serikat pekerja sebagai salah satu aspek pemberi masukan yang tidak terpisahkan. Dengan pelatihan tenaga kerja yang selaras dengan transisi yang adil dan efektif, sebagai pertimbangan dari strategi dalam masalah perubahan iklim." jelasnya. 

Taransisi yang adil tidak hanya berfokus pada investasi dan teknologi terbarukan melainkan harus juga mengatasi masalah keternagakerjaan, perlindungan sosisal, keselamatan dan kesehatan kerja, serta memungkinkan pekerja yang terkena dampak transisi akan mendapatkan kompensasi dan ketrampilan yang memadai.

Terakhir Anwar Sanusi berharap, forum diskusi ini, dapat bersama-sama secara komprehensif, berbagi ide dan pengetahuan serta berkontribusi positif untuk lingkungan yang memungkinkan bagi setiap pekerjaan yang akan muncul hijau dan berkembang, yang tidak hanya hijau akan tetapi layak, sambil kita membuat transisi yang adil. (RED/HTS/MBJ) 


Komentar