Kadisnaker Buka Rakerwil KSBSI Kalsel 2022

Kadisnaker Buka Rakerwil KSBSI Kalsel 2022

.

KSBSI.org, KALSEL-Rapat Kerja Wilayah merupakan amanah AD/ART KSBSI bertujuan untuk mengevaluasi, menganalisa, dan memperbaiki program kerja setahun sebelumnya 2021- 2022 dan membuat program kerja setahun kedepan 2022-2023 untuk meningkatkan kinerja sebuah organisasi.

Baca juga:  Program Layanan MRC dengan LTSA Untuk Buruh Migran Diresmikan di Kabupaten Blitar,


Untuk itu Koordinator Wilayah Konfederasi Serikat Buruh Seluruh Indonesia (KSBSI) Propinsi Kalimantan Selatan melakukan langkah strategi dalam menyamakan persepsinya dengan Federasi-federasi nya berafiliasi ke KSBSI di Kalimantan Selatan  dengan menggelar Rapat Kerja Wilayah Tahun 2022; sekaligus  Pelatihan-pelatihan seperti, ”Training Struktur Skala Upah di Tempat Kerja, Pelatihan& Sosialisasi Jaminan Sosial di Tempat Kerja”, pada tanggal 22-24/7/2022, di Hotel POP! Banjarmasin-Kalimantan Selatan.


Rakerwil KSBSI Kalimanat Selatan yang bertemakan “Kontrak Sosial Baru Pastikan Perlindungan Sosial dan Transisi yang Adil Bagi Pekerja”, ini dibuka secara langsung oleh Kepala Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi Provinsi Kalimantan Selatan, Drs. Irfan Sayuti yang didampingi oleh  BPJAMSOSTEK Cabang Kalimantan Selatan dan Korwil KSBSI Kalimantan Selatan Mesdi, serta dari KSBSI pusat Emma Liliefna dan Matias Mehan. Peserta yang hadir dari enam (6) Federasi yang ada di Propinsi Kalimantan Selatan, dengan Jumlah peserta yang hadir sebanyak 35 orang.



Kepala Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi  Kalimantan Selatan, Irfan Sayuti dalam Sambutannya mengatakan bahwa, sangat menyambut baik adanya program yang diselenggarakan KSBSI di Kalimantan Selatan ini, dan sangat mengapresiasi  mnegingat acara yang berlangsung tidak memungut biaya atau sumbangan dari pihak manapun melainkan murni dari iuran anggota federasi itu sendiri.

“KSBSI UNGGUL dan KSBSI di Propinsi Kalimantan Selatan ini merupakan terbesar dan berdasarkan verifikasinya akan mendapatkan 3 kursi Dewan Pengupahan Daerah dan 4 kursi LKS Tripartite Daerah” Imbuhnya.

Lebih lanjut, Mesdi selaku Koordinator Wilayah Konfederasi Serikat Buruh Seluruh Indonesia (KSBSI) propinsi Kalimantan Selatan berharap ke depan pekerja harus terus mendapat perhatian terhadap perlindungan dari Pemerintah, jaminan sosial serta adanya regulasi perlindungan upah dan jaminan sosial yang adil bagi pekerja/buruh, sehingga hubungan Industrial yang harmonis dan berkeadilan dapat terwujut dan pertumbuhan ekonomi akibat dampak pandemi dapat teratasi. KSBSI juga siap untuk mengorganisir para pekerja/buruh menjadi Anggota dan  sekaligus memperjuangkan hak-hak pekerja dalam memperoleh akses ke perlindungan sosial.

Selain itu dalam Raker ini KSBSI juga menggelar training negosiasi struktur skala upah di tempat kerja dengan pemateri Emma Liliefna,SH dari KSBSI, Serta  Pelatihan&Sosialisasi Jaminan Sosial di Tempat Kerja yang di isi oleh Mathias Mehan, SH

Lebih lanjut Sekjend DPP Hukatan KSBSI mengatakan, bahwa Federasi yang berafiliasi ke KSBSI untuk saat ini ada di Propinsi Kalimantan diantaranya adalah Federasi Hukatan, Federasi Kamiparho, Fesdikari,  F PE, FTA, F  KUI dan rencana program kedepan akan membentuk lagi Nikeuba ksbsi dan 3 Federasi lagi yg berafiliasi ke KSBSI.[TW]

Komentar