Beberapa Pembahasan Yang Akan Dibahas Dalam Agenda RAKERNAS FSB KAMIPARHO

Beberapa Pembahasan Yang Akan Dibahas Dalam Agenda RAKERNAS FSB KAMIPARHO

Supardi Ketua Umum DPP FSB KAMIPARHO KSBSI

KSBSI.org, DEPOK-Bertempat di Hotel Bumi Wiyata Depok Jaw Barat, Federasi Serikat Buruh Makanan Minuman Pariwisata Restorn Hotel dan Tembakau afiliasi Konfederasi Serikat Buruh Seluruh Indonesia (FSB KAMIPARHO) afilias Konfederasi Serikat Buruh Seluruh Indonesia (KSBSI) melaksanakan Rapat Kerja Nasional (RAKERNAS). Agenda nasional ini diikuti sebanyak 23 perwakilan Dewan Pengurus Cabang (DPC) (DPC) dari berbagai daerah.

Baca juga: 

Pihak panitia menyampaikan agenda RAKERNAS diadakan tiga hari, dari tanggal 23-25 Agustus 2022, dengan mengangkat tema ‘Membangun Buruh Yang Cerdas Berani dan Bermartabat’. Dan menjadi sebuah kebanggaan, karena langsung dibuka secara resmi oleh Afriansyah Noor Wakil Menteri Ketenagakerjaan (Wamenaker).

Sementara tamu undangan yang hadir diantaranya Elly Rosita Silaban Presiden KSBSI, Indrajid Nurmukti perwakilan BPJS Ketenagakerjaan, Yunirwan Gah Program Officer ILO Perwwakilan Jakarta dan Timor Leste, Erlina Panitri Head Officer Wilmar Group, perwakilan manajemen Hotel Bumi Wiyata. Serta Supardi Ketua Umum Dewan Pengurus Pusat (DPP) FSB KAMIPARHO dan Sulistri Sekretaris Jenderal DPP FSB KAMIPARHO.

Supardi Ketua Umum DPP FSB KAMIPARHO saat diwawancarai mengatakan RAKERNAS yang diadakan tahun ini salah satunya memang mengevalusi program kerja pada 2021. Namun ada agenda inti yang juga bakal dibahas. Diantaranya merumuskan masalah tertib iuran organisasi. Agar nantinya bisa terdistribusi dengan baik, dari tingkat pengurus pusat, pengurus cabang sampai pengurus komisariat (PK).

Kemudian, dalam agenda RAKERNAS ini akan membahas peningkatan hak buruh dengan meningkatkan posisi tawar ke pemerintah, pengusaha dan mitra internasional seperti ILO.  Melalui Perundingan Kerja Bersama (PKB) dan sosial dialog. Lalu membahas program perlindungan kepada buruh perikanan yang bekerja sama dengan ILO perwakilan Jakarta dan Timor Leste.

“Termasuk membahas tentang menertibkan data base seluruh anggota. Serta mendiskusikan soal pengorganisiran anggota. Tahun ini rencananya kami akan menargetkan anggota bertambah sebanyak 5000 buruh, khususnya di sektor perkebunan kelapa sawit, perhotelan dan perikanan,” ucapnya, Selasa (23/8/2022).

Selain itu, Supardi menyampaikan agenda RAKERNAS tersebut akan mendorong semua pengurus agar semakin rutin melakukan audiensi dengan para pemangku kepentingan. Seperti birokrasi pemerintahan dan pengusaha. Dia tak membantah, bahwa 2 tahun pandemi Covid-19 sangat berdampak pada anggotanya, karena banyak yang terpaksa kehilangan pekerjaan. Terutama di sektor perhotelan.

“Tapi syukurlah, tahun ini pandemi mulai pulih dan sektor bisnis di perhotelan juga mulai bangkit. Kami akan berupaya untuk melakukan perekrutan anggota lagi. Serta memberikan ide maupun gagasan kepada pengusaha untuk membangkitkan bisnis perhotelan,” tutupnya. (A1) 

Komentar