Perkuat Organisasi, DPP FPE KSBSI Konsolidasi ke Papua

Perkuat Organisasi, DPP FPE KSBSI Konsolidasi ke Papua

.

KSBSI.org, PAPUA-Timika, Sempat tertunda satu bulan, akhirnya Riswan Lubis Ketua Umum Dewan Pengurus Pusat (DPP) Federasi Pertambangan dan Energi afiliasi Konfederasi Serikat Buruh Seluruh Indonesia (FPE KSBSI), dapat mengunjungi FPE KSBSI Kabupaten Mimika Papua. Kunjungan ini dalam rangka konsolidasi organisasi yang di fasilitasi PT Freeport, pada 20-23 Agustus 2022.

Baca juga:  KSBSI Terima Kunjungan ACV Bie Belgia dan CNV Internationaal Belanda,

Selama di Timika, Riswan didampingi oleh Dewan Pengurus Cabang (DPC) FPE KSBSI Kabupaten Mimika dan Pengurus Komisariat (PK) FPE KSBSI PT Freeport serta PK yang ada di Kabupaten Mimika. Dan pertemuan terlihat dengan santai. Adapun PK-PK yang terjadwal bertemu dengan Ketua Umum DPP FPE KSBSI dan DPC FPE KSBSI Kab. Mimika yakni, PK FPE KSBSI PT. Mahaka, PK FPE KSBSI PT.Sandvik, PK FPE KSBSI PT. Pangan Sari Utama dan PK FPE KSBSI PT. Pengembangan Jaya Papua.

 

Beberapa topik yang menjadi pembahasan  antara lain terkait hasil verifikasi keanggotaan, hasil PKB, LKS Bipartit, perekrutan anggota dan mekanisme dalam mengelola anggota dan pengurus ditingkat PK. Selain itu, beberapa PK yang ada di Timika mengharapkan agar ada training dasar yang bisa dilakukan organisasi.

 

“Kami berharap kami bisa mendapatkan training dasar tentang berorganisasi, karena sebagian dari kami belum begitu paham tentang pentingnya organisasi bagi karyawan” ungkap Petrus selaku Ketua PK FPE KSBSI PT. Pengembangan Jaya Papua.

 

Mendengar permintaan tersebut Riswan Lubis, selaku Ketua Umum DPP FPE KSBSI mendesak kepada DPC FPE KSBSI Marjan Tusang dan Arianto Kanan selaku Ketua dan Sekertaris untuk memprakarsai training dasar tentang manfaat .

 

“Selain training dasar tentang serikat buruh, kita juga sedang merencanakan akan membuat training dasar tentang Pengadilan Hubungan Industrial” ungkap Marjan kepada perwakilan PK FPE KSBSI PT. PJP.

 

Menurut Marjan, peluang membesarkan FPE KSBSI dibeberapa PK yang ada di Timika semakin terbuka lebar, selain respon perusahaan yang lebih wellcome  terhadap kehadiran FPE KSBSI sikap para buruh yang merasa aspirasinya tersalur juga menjadi alasan utama untuk memperbesar jumlah anggota.

 

“Namun kita harus sering bertemu anggota dan mendengar keluhan-keluhan yang meraka sampaikan” ujar Riswan kepada para pengurus PK FPE KSBSI yang ada di Timika. (RL/A1)

Komentar