Rencanakan Demo BBM, Buruh Bitung Diterima Audiensi Oleh Pemerintah Kota Bitung

Rencanakan Demo BBM, Buruh Bitung Diterima Audiensi Oleh Pemerintah Kota Bitung

.

KSBSI.org-Bitung- Ratusan Buruh yang tergabung dalam wadah organisasi Federasi Serikat Buruh Makanan Minuman Pariwisata Restoran Hotel dan Tembakau (KAMIPARHO) Kota Bitung, hari ini menghadiri agenda pertemuan terkait penyampaian pendapat kepada Pemerintah Daerah Kota Bitung Sulawesi Utara. Pertemuan tersebut difasilitasi dan digelar di kantor Walikota Bitung pada, Selasa (13/0/2022).

Baca juga:  Tolak Upah Murah dan Kenaikan BBM, Ribuan Buruh Bakal Demo Plt. Bupati Bogor,

Rusdianto Makaindah Ketua Dewan Pengurus Cabang FSB Kamiparho Kota Bitung mengatakan bahwa, "Agenda ini tentang rencana agenda aksi demo BBM, dimana agenda pertemuan sosial dialog ini terkait dibatalkannya aksi turun ke jalan atau aksi demo, oleh pihak kepolisian, maka difasilitasi dengan pertemuan sosial dialog ini." katanya pada Rabu (14/09/2022).

"Sebenarnya kami sudah mengirimkan surat pemberitahuan aksi unjuk rasa damai akan tetapi pihak pemerintah Kota Dumai menfasilitasi untuk mengelar pertemuan dalam rangka menampung aspirasi massa aksi." jelasnya 

"Dan dalam pertemuan tersebut kami sudah menyampaiakan aspirasi kami terutama tentang tuntutan dibatalkannya kenaikan BBM serta cabut klaster ketengakerjaan dari Cipta Kerja, hapus Omnibuslaw." ungkapnya

Adapun tuntutan lain, antara lain sebagai berikut,

1. Mendesak Pemerintah memberikan bantuan sosial kepada masyarakat terdampak kenaikan termasuk buruh yang upahnya UMP ke bawah

2. Meminta pemerintah dan DPR RI untuk mengeluarkan kluster Ketenagakerjaan dari Undang Undang Cipta Kerja.

3. Mendesak CV.Ersevinto untuk membayar hak buruh yang di PHK.

4. Mendesak perusahaan pengolahan ikan untuk membayar upah sesuai dengan ketentuan yang berlaku.

5. Meminta Kapolres Kota Bitung untuk dapat menjamin keamanan warga termasuk buruh yang beraktifitas malam hari karena sudah beberapa kali terjadi kriminal dimalam hari.

6. Mendesak Kadisnaker unutk segera menseriusi pembentukan Dewan Pengupahan kota Bitung sebagai salah satu solusi meminimalkan dampak kenaikan BBM terhadap buruh.

7. Dan lain-lain disampaikan lewat selebaran saat penyampaian pendapat.

Hadir dalam pertemuan tersebut antara lain, Kapolres Kota Bitung AKBP Alam Kusuma S Irawan, Dandim Kota Bitung Letkol Arm Yoki, Hengky Honandar Wakil Walikota Bitung, Kadis Kota Bitung, dan perangkat lainnya. (RED/HTS/MKJ)

Komentar