FSB Kamiparho Kembali Gelar Pelatihan Sektor Perikanan Sesi Kedua

FSB Kamiparho Kembali Gelar Pelatihan Sektor Perikanan Sesi Kedua

KSBSI.ORG, JAKARTA – Dewan Pengurus Pusat (DPP) Federasi Serikat Buruh (FSB) Makanan Minuman Pariwisata Restoran Hotel dan Tembakau (KAMIPARHO) kembali mengelar agenda pelatihan hak-hak dasar buruh ditempat kerja sektor perikanan atau Ship to Shore Right SEA Project.

Baca juga:  Beberapa Pembahasan Yang Akan Dibahas Dalam Agenda RAKERNAS FSB KAMIPARHO,

Agenda pelatihan ini bekerja sama dengan Organisasi Buruh Internasional atau International Labour Organisation (ILO) yang diikuti oleh peserta yang berasal dari perwakilan Pengurus Komisariat (PK) beserta anggota dari FSB Kamiparho PT Indomaguro Tunas Unggul dan PT Firs Marine Seafood Indonesia, serta sebagai peserta tambahan ada perwakilan 10 orang dari pengurus komisariat FSB Kamiparho yang ada di DKI Jakarta dan Depok.

Supardi Ketua Umum FSB Kamiparho dalam sesi refresh materi pelatihan minggu yang lalu, membuat permainan lempar bola tenis dengan menyebutkan satu kalimat terkait materi pelatihan minggu lalu.

“Tujuan permainan ini untuk mengingat apa yang sudah diberikan pada pelatihan minggu lalu, dimana pelatihan sebelumnya, ada pelatihan tentang hak hak normative buruh di tempat kerja.”

“Lalu ada gender dan hak buruh perempuan. Mendorong dialog sosial di perusahaan pengolahan ikan. Dan ada materi tentang Keselamatan dan Kesehatan Kerja (K3) bagi pekerja sektor perikanan.” kata Supardi saat mengisi sesi pelatihan di Golden Boutique Hotel, Jakarta.pada, Minggu (30/10/2022)

“Disini kita melihat bahwa teman teman paling tidak, sedikit ada yang paham dan mengerti tentang materi minggu lalu. Saya berharap tetap semangat dan energik, karena hari ini akan full mendapatkan materi dari BPJS Kesehatan dan BPJS Ketenagakerjaan serta dari Kementerian Ketenagakerjaan RI tentang kepengawasan ketenagakerjaan.” jelasnya

Sebelumnya, Dewan Pengurus Pusat (DPP) Federasi Serikat Buruh (FSB) Makanan Minuman Pariwisata Restoran Hotel dan Tembakau (KAMIPARHO) bekerja sama dengan Organisasi Buruh Internasional atau International Labour Organisation (ILO) mengadakan pelatihan hak-hak dasar buruh ditempat kerja sektor perikanan atau Ship to Shore Right SEA Project. Agenda tersebut berlangsung dari tanggal 22-23/10/2022 di Golden Boutique Hotel Jakarta.

Agenda pelatihan ini diikuti oleh Pengurus Komisariat (PK) beserta anggota FSB Kamiparho PT Indomaguro Tunas Unggul dan PT Firs Marine Seafood Indonesia, dimana kedua PK tersebut bergerak di bidang pengolahan hasil laut yang masih tergolong dalam sektor perikanan.

Dalam sambutannya sekaligus membuka pelatihan pada, Sabtu (22/10/2022) Supardi Ketua Umum FSB Kamiparho langsung meneriakkan yel yel “Kamiparho..dan disambut oleh peserta, Cerdas Berani Bermartabat.. tentu, suatu kebahagiaan buat saya bisa bertemu dengan anggota PK Firs Marine Seafood dan Indomaguro.” katanya

Program perikanan ini akan berlangsung selama 1 tahun, tujuannya membangun kapasitas pekerja sektor perikanan dalam hal menjaga dan meningkatkan hubungan industrial yang harmonis kaitannya dengan ketenagakerjaan, dan harapannya tercipta manfaat lebih bagi buruh sektor perikanan, serta dalam rangka peningkatan produktifitas kerja. (Sumber kamiparho.org)

Komentar