Kepemimpinan ITUC 2022-2026 Resmi Diumumkan, Presiden KSBSI Terpilih Menjadi Wakil Presiden ITUC Untuk Wilayah Asia Tenggara

Kepemimpinan ITUC 2022-2026 Resmi Diumumkan, Presiden KSBSI Terpilih Menjadi Wakil Presiden ITUC Untuk Wilayah Asia Tenggara

Presiden dan Sekjen KSBSI saat foto bersama Visentini Luca Sekjen terpilih ITUC 2022-2026

"Kami bersyukur dan berterima kasih atas kepercayaan yang telah diberikan kepada KSBSI. Dalam hal ini, saya sendiri menyampaiakan rasa hormat atas tanggung jawab dan kepercayaan kongres yang telah menetapkan saya untuk duduk di Wakil Presiden ITUC wilayah Asia Tenggara."

Baca juga:  Luca Visentini Terpilih Menjadi Sekjen ITUC Yang Baru Periode 2022-2026.,

KSBSI.ORG, Melbourne - Presiden Konfederasi Serikat Buruh Seluruh Indonesia (KSBSI) Elly Rosita Silaban mengatakan bahwa, kepemimpinan International Trade Union Confederation (ITUC) yang baru periode 2022-2026 telah diumumkan pada akhir Kongres Dunia ITUC ke-5 di Melbourne, Australia, dimana hampir 1.000 peserta yang berasal lebih dari 120 negara yang mewakili, lebih dari 200 organisasi buruh yang ikut ambil bagian di pesta demokrasi ini. 

"Kami bersyukur dan berterima kasih atas kepercayaan yang telah diberikan kepada KSBSI. Dalam hal ini, saya sendiri menyampaiakan rasa hormat atas tanggung jawab dan kepercayaan kongres yang telah menetapkan saya untuk duduk di Wakil Presiden ITUC wilayah Asia Tenggara." kata Elly Rosita Silaban usai agenda kongres ITUC, Selasa (22/11/2022). 

"KSBSI bangga bisa ikut ambil bagian dalam perdebatan dan diskusi selama lima hari ini, Hal ini tentunya untuk menentukan masa depan aksi organisasi untuk empat tahun mendatang oleh gerakan serikat buruh global." ungkap Elly

Sebelumnya diberitakan bahwa, pergulatan perang suara ternyata tidak selesai sampai tingkat Sekjen, karena Kongres ITUC yang ke-5 juga harus akan menetapkan Presiden ITUC yang dipilih melalui sidang General Council. Yang sebelumnya Kongres ITUC telah menetapkan Luca Vinsentini sebagai Sekjen terpilih ITUC periode 2022-2026 melalui pemungutan suara dari 720 delegasi.


Maria Emeninta Departemen Hubungan Internasional KSBSI mengatakan, cukup sulit memang, karena calon utama Presiden ITUC yakni Akiko Gono dari JTUC RENGO Jepang dianggap membelot ke kubu lawan, saat proses pemeilhan Sekjen ITUC.

"Hal itu membuat hilangnya sedikit kepercayaan, sehingga menyulitkan tim dari Luca Visentini dalam meneruskan dukungan terhadapnya. Dan bahkan tim Luca telah mendiskusikan calon lain dari Albania." kata Maria 

Namun demikian, pada akhirnya atas nama solidaritas serikat buruh dengan berbagai pertimbangan dan perjuangan tetap mengusung Akiko Gono sebagai Presiden ITUC.

"Solidaritas buruh terutama dalam hal mempertimbangkan isu gender, akhirnya memenangkan perdebatan dan tetap menyokong Akiko Gono sebagai Presiden." ungkap Maria.

Dalam kesempatan tersebut, telah terpilih juga Presiden KSBSI Elly Rosita Silaban sebagai Wakil Presiden ITUC mewakili wilayah Asia Tenggara bersama 15 wakil presiden lainnya. 

"Wakil Presiden ITUC yang mewakili dari setiap wilayah yang juga menjadi salah satu Titular atau anggota utama, ada wakilnya, anggota cadangan yang disebut 1st substitute dan 2nd substitute untuk General Council, semacam DKN ITUC untuk periode 4 tahun mendatang 2022-2026." jelas Maria. 

"Tentu pencapaian ini juga berkat perjuangan tim KSBSI yang sudah mensukseskan Luca Vinsentini sebagai Sekjen ITUC terpilih. KSBSI juga menjadi tim sukses Luca sejak setahun terakhir sampai menit-menit pemilihan berlangsung dan akhirnya Luca menjadi Sekjen ITUC terpilih." tutupnya. 

Turut hadir dalam rangkaian agenda kongres ITUC selama 5 hari tersebut, Presiden KSBSI Elly Rosita Silaban, Sekjen KSBSI Dedi Hardianto, Rekson Silaban MPO KSBSI, Maria Emeninta HI KSBSI, Emma Liliefna Ketua K2N KSBSI. (RED/HTS/MKJ)

Komentar