Penandatanganan PKB Baru PT Cemaru Lestari, Pengurus FSB Kamiparho Hingga ILO Ucapkan Selamat

Penandatanganan PKB Baru PT Cemaru Lestari, Pengurus FSB Kamiparho Hingga ILO Ucapkan Selamat

Penandatanganan PKB PT Cemaru Lestari antara PK FSB Kamiparho dengan Manajemen disaksikan oleh perwakilan ILO

Yunirwan mengucapkan selamat kepada PK FSB Kamiparho PT Cemaru Lestari atas penandatanganan PKB ini. Ia berpesan agar bersama-sama tetap mendorong dan berperan aktif dalam meningkatkan edukasi bagi buruh perkebunan sawit dan anggota serikat, untuk lebih dalam mengetahui tentang perlindungan hak-hak buruh di tempat kerja.

Baca juga:  Bertemu Manajemen, Kamiparho dan PT MNS Sepakati Sosial Dialog dalam Hubungan Industrial,

KSBSI.ORG, KALIMANTAN BARAT - Supardi Ketua Umum Dewan Pengurus Pusat Federasi Serikat Buruh Makanan Minimum Pariwisata Restoran Hotel dan Tembakau (DPP FSB Kamiparho) mengucapkan terima kasih yang sebesar besarnya kepada semua pihak yang telah terlibat dan membantu dalam penandatanganan Perjanjian Kerja Bersama (PKB) PT. Cemaru Lestari. Kabupaten Landak, Kalimantan Barat.  

"Atas nama DPP FSB Kamiparho mengucapkan terima kasih yang sebesar-besarnya kepada semua pihak yang terlibat dalam penandatanganan PKB PT Cemaru Lestari ini. Tak lupa kami sampaikan juga terimakasih kepada Organisasi Buruh Internasional atau ILO Jakarta yang telah menfasilitasi pelatihan-pelatihan kepada pengurus serikat FSB Kamiparho di wilayah Kalimantan, sehingga kapasitas pengurus menjadi lebih baik dan bisa merealisasikan pembuatan PKB baru di PT Cemaru Lestari." kata Supardi saat diwawancarai awak media di Jakarta, Kamis (01/12/2022).

Supardi juga menyampaikan apresiasinya kepada pengurus komisariat (PK) FSB Kamiparho, manajemen PT Cemaru dan ILO Jakarta yang terlibat dan membantu dalam proses pembuatan PKB PT Cemaru Lestari, dimana hari ini telah ditandatangani PKB baru PT Cemaru Lestari yang merupakan salah satu anak usaha PT. Bumi Raya Utama Group di Pontianak, Kalimantan Barat. 

"Kami sangat mengapresiasi kepada kawan-kawan PK FSB Kamiparho PT Cemaru, dan juga pihak manajemen PT Cemaru, dan sekali lagi kepada ILO Jakarta yang sudah menfasilitasi, sehingga PKB tersebut bisa terealisasi dengan baik melalui sosial dialog guna menciptakan hubungan industrial yang harmonis, konsrtuktif dan berkesinambungan." jelasnya. 

"Harapanya kedepan di PT Cemaru ini bisa meminimalisir konflik, karena PKB adalah rohnya serikat buruh dan perusahaan, kitab sucinya perburuhan. Dan juga dengan adanya PKB PT Cemaru ini akan menjadi ptaktik baik untuk PK yang lainnya di wilayah Kalimantan." harapnya.

Selain itu, Supardi juga mengatakan sangat luar biasa pencapaian PKB baru ini, terutama buat terciptanya keharmonisan hubungan industrial di PT Camaru. Tak lupa Supardi mengucapkan terima kaish kepada Bapak Yunirwan ILO yang telah menyempatkan waktunya untuk bersedia menghadiri penandatanganan PKB tersebut. 

Ia juga mengapresiasi kepada Januarius Jono Ketua Dewan Pengurus Cabang (DPC) FSB Kamiparho Kabupaten Landak yang telah mensuport, sehingga PKB ini bisa dirampungkan dan terealisasi sampai penandatanganan hari ini.


Dalam kesempatan lain, Agenius selaku Ketua PK FSB Kamiparho PT Cemaru Lestari mengatakan, ada sedikit catatan, sebagai perhatian kami bersama bahwa, dengan peningkatan produktifitas dan efektifitas kerja akan dapat meningkatkan kesejahteraan pekerja.

"Dengan adanya PKB ini, kami atas nama PK dan manajemen PT Cemaru kedepan akan memaksimalkan pertemuan-pertemuan Bipartit sebagai sarana dalam menyelesaikan permasalahan ketenagakerjaan di perusahaan dengan dialog sosial yang baik." katanya.

Selain itu, Agenius mengatakan bahwa permasalahan tentang pekerja borongan yang saat ini masih belum menjadi peserta program BPJS Ketenagakerjaan. Ia mengaku belum mendapatkan penjelasan dari pihak manajemen terkait permasalahan tersebut. 

"Saat ini, kami juga sedang mengupayakan proses perundingan terkait pekerja borongan agar menjadi peserta program BPJS Ketenagakerjaan, akan tetapi kami belum mendapatkan penjelasan lebih lanjut dari pihak manajemen." jelasnya.  

Namun demikian, Agenius mengatakan bahwa PK akan tetap berupaya mengakomodir permasalahan terkait pekerja borongan tersebut, dengan mengajukan pertemuan Bipartit yang mengedepankan dialog sosial kontruktif dan berkeadilan.


Sementara itu, Yunirwan Gah selaku Project Officer ILO Jakarta dalam keterangannya mengatakan bahwa, penandatanganan PKB PT Cemaru ini merupakan bentuk keberhasilan kedua belah pihak.

"Artinya kedua belah pihak sama-sama menghargai proses dan kepentingannya masing-masing dalam mencari langkah-langkah untuk meningkatkan produktifitas maupun meningkatkan perlindungan hak-hak pekerj di perusahaan." kata Yunirwan.

Yunirwan juga menghargai dan mengapresiasi keterbukaan dari manajemen untuk menerima permohonnan pengajuan PKB baru ini, Ia juga menghargai proses perjuangan yang sudah dilakukan pengurus PK dengan dukungan dari DPP FSB Kamiparho pasca pelatihan ILO yang dilakukan pada Bulan Agustus yang lalu, sehingga proses pengajuan PKB ini bisa diinisai dan akhirnya ditandatangani. 

"ILO menghargai dan mengapresiasi kepada semua pihak yang telah terlibat dalam PKB ini. Hal itu menunjukkan sinergi dan keterbukaan dari semua pihak, baik perusahaan dan pekerjanya. Dengan mengedepankan itikad baik, tentunya semua akan mendapatkan hasil yang baik juga." jelasnya.

Yunirwan berharap bahwa, dengan sudah ditandatanganinya PKB PT Cemaru Lestari ini, kedepan agar dapat disosialisasikan dan diimplementasikan sebagai payung hukum yang lebih efektif di lingkungan perusahaan. 

"Kedepan agar bisa disosialisasikan PKB ini kepada anggotanya yang lebih luas, Hal itu menjadi penting karena sebagai alat promosi tentang kebebasan berserikat, tentang mengorganisir anggota di perkebunan sawit, agar pekerja sawit yang belum berserikat dapat terlibat dan bergabung dalam serikat pekerja/serikat buruh." harapnya.

Terakhir, Yunirwan mengucapkan selamat kepada PK FSB Kamiparho PT Cemaru Lestari atas penandatanganan PKB ini. Ia berpesan agar bersama-sama tetap mendorong dan berperan aktif dalam meningkatkan edukasi bagi buruh perkebunan sawit dan anggota serikat, untuk lebih dalam mengetahui tentang perlindungan hak-hak buruh di tempat kerja.    

Hadir dalam penandatanganan tersebut, dari tim perunding manajemen, ada Muhammad Taha selaku Manajer SDM PT Cemaru, Ir Mahendra General Manajer PT Bumi Raya, Ir H Aswan Hadi Koordinator PT Cemara, Ir Toni Indon Koordinator PT Prakarsa Tan Sejahtera, Asep S.Pd. selaku Staf SDM PT Cemaru, Didit Koeswiriadi S.H., selaku HRD PT Cemaru Lestari. 

Dari pengurus serikat, Agenius selaku Ketua PK FSB Kamiparho PT Cemara, Andri selaku Sekertaris, Sudarno selaku Bendahara, Kusno Sekertaris 2, Bambang sebagai anggota, Badarius sebagai anggota.

Dari perwakilan ILO Jakarta, yakni Yunirwan Gah selaku Project Officer ILO untuk sektor sawit. 

(RED/HTS/MKJ)


Komentar