Sambut Ramadhan 2023, Garteks Peduli Serang Kembali Lakukan Penggalangan Dana Untuk Anak Yatim

Sambut Ramadhan 2023, Garteks Peduli Serang Kembali Lakukan Penggalangan Dana Untuk Anak Yatim

.

KSBSI.org, SERANG-Menyambut bulan Suci Ramadhan 2023, Dewan Pengurus Cabang Federasi Serikat Buruh Garmen, Kerajinan, Tekstil, Kulit dan Sentra Industri afiliasi Konfederasi Serikat Buruh Seluruh Indonesia (DPC FSB GARTEKS KSBSI) Serang Raya kembali mengadakan program “Ceria Bersama Anak Yatim’. Agenda kegiatan sosial ini langsung dibawah tanggung jawab ‘Garteks Peduli Serang’.

Baca juga:  ITUC Dukung Penuh Buruh Indonesia Tolak Perppu Cipta Kerja, Siapkan Kampanye Internasional, The Story of Labour20 Presidensi G20 Indonesia 2022, Presiden KSBSI: Puas Tidak Puas Permenaker No. 18 Patut Diapresiasi Dibanding PP 36 , Selain Gugat, KSBSI Rencanakan Aksi Besar-besaran Tolak PP Klaster Ketenagakerjaan,


Abedi Sunarya mengatakan Garteks Peduli Serang merupakan salah satu lembaga yang dibentuk DPC FSB GARTEKS Serang Raya. Dimana, tujuannya sebagai wadah untuk kepedulian sosial. Karena serikat buruh FSB GARTEKS KSBSI tidak hanya fokus pada isu perburuhan dan  ketenagakerjaan saja.

 “Namun ada yang menjadi ciri khas dari FSB GARTEKS KSBSI Serang Raya. Serikat buruh kami juga menjadi gerakan  kontrol sosial masyarakat dengan berbagai kegiatan kepedulian sosial yang sudah banyak kami dilakukan ditengah masyarakat,” ucap Abedi, saat diwawancarai melalui seluler, Kamis (9/3/2023).

Lanjutnya, ia menceritakan kegiatan sosial ini diantaranya melakukan program bedah rumah yang tidak layak huni milik orang tidak mampu, kemudian dilakukan penggalangan dana. Setelah dana terkumpul, kemudian dilakukan bedah rumah menjadi layak huni.

Selanjutnya, melakukan program bantuan tanggap darurat bencana, penyaluran bantuan bagi penyandang disabilitas. Memberikan penyaluran bagi anggota atau pengurus serta buruh yang terkena musibah dan sebagainya. Naah, menyambut bulan Ramadhan 20023, Abedi mengatakan Insya Allah, serikat buruhnya akan melanjutkan program  santunan kepada anak yatim yatim, piatu. Namun lebih diutamakan diberikan kepada  yatim piatu.

“Agenda santunan ini rutin kami lakukan setiap tahun saat menyambut bulan suci Ramadhan yag dilakukan GARTEKS Peduli Serang. Dan kami menarge menyantuni kurang lebih sekitar 100 anak yatim piatu,” jelasnya.

Dia menceritakan, kegiatan yang dilakukan memang penuh keterbatasan waktu, salah satunya soal pekerjaan. Namun, ditengah  kesibukan tersebut, dirinya bersama GARTEKS Peduli Serang, tetap menyempatkan waktu untuk memberikan hal terbaik. Karena membantu anak yatim piatu sudah menjadi keterpanggilan hati nurani.

“Melakukan program santunan kepada Anak yatim piatu memang memerlukan biaya. Nah, sumber dana yang kami  gunakan, pertama dari dana kas DPC FSB GARTEKS Serang Raya. Termasuk bantuan dana dari Pengurus Komisariat (PK) dan anggota,” jelasnya. 

Lalu, ia menerangkan dana yang didapat dari pengajuan proposal ke perusahaan-perusahaan yang buruhnya tergabung dengan DPC FSB GARTEKS KSBSI Serang Raya. Dan ada juga bantuan dana dari instansi yang tidak terikat serta masyarakat umum.

Pihaknya juga melakukan penggalangan dana turun ke jalan didepan perusahaan, saat buruh pulang dari selesai bekerja. Dari penggalangan dana ini, kami banyak mendapatkan bantuan dana dari mereka. Termasuk masyarakat, diwilayah  Serang juga banyak ikut yang menyumbang secara ikhlas,” imbuhnya.

“Tim GARTEKS Peduli Serang juga melakukan penggalangan donasi dengan cara ngamen. Alhamdulilah, hasil bantuan yang kami terima juga sangat banyak,” imbuhnya.

Abedi menyampaikan, rencana penutupan agenda penggalangan dana untuk sumbangan anak yatim piatu sampai 1 April, seminggu sebelum masuk belum bulan Puasa. Kemudian, dana yang sudah terkumpul ini nantinya bakal diberikan pada saat acara buka puasa bersama di DPC Serang Raya.

Diketahui, pengurus tingkat PK FSB GARTEKS KSBSI Serang Raya juga sudah bergerak dalam penggalangan dan. Sebagian juga sudah menyerahkan dananya ke Rekening Bank Garteks Peduli anak Yatim.

“Keluarga besar FSB GARTEKS KSBSI Serang Raya mengucapkan terima kasih kepada masyarakat yang sudah memberikan kontribusi dan mendukung kegiatan ini. Tentunya menjadi kebanggaan, dan semoga Allah SWT membalas dengan pahala yang berlipat ganda dalam kegiatan ini,” tandasnya.

Bagi buruh dan masyarakat, khususnya diwilayah Serang dan sekitarnya yang tergerak ingin membantu kegiatan tersebut juga bisa memberikan bantuan melalui transfer melalui Bank BRI dengan nomor rekening: 1166-01-000327-30-8. Konfirmasi transfer 081319480281/Abedi. (AH/Tnj)

Komentar