Serikat Buruh Kesehatan Mongolia Menangkan Hak Nakes Dimasa Pandemi

Serikat Buruh Kesehatan Mongolia Menangkan Hak Nakes Dimasa Pandemi

Serikat Pekerja Kesehatan di Mongolia

KSBSI.ORG, Serikat Pekerja Kesehatan di Mongolia beberapa waktu lalu memenangkan konsesi dari pemerintah untuk memberikan kompensasi yang lebih baik kepada pekerja sektor tenaga kesehatan (Nakes) atas kontribusi penting mereka dimasa pandemi.

Baca juga: 

Ariunaa Kharkhuu, Presiden MHWU mengatakan berkat perjuangan yang gigih, akhirnya kampanye serikat pekerja berhasil menggerakkan pemerintah untuk mengalokasikan kompensasi satu kali sebesar 45 miliar Tugrik Mongolia (USD 15,7 juta) kepada 34.000 dokter dan karyawan di sektor kesehatan. Termasuk kesepakatan untuk meningkatkan tingkat gaji pekerja medis.

                                             

Selain itu, pemerintah juga berjanji untuk bekerja dengan DPR untuk memperkuat kerangka hukum dalam memungkinkan cakupan asuransi kesehatan dan jiwa yang lebih baik bagi semua karyawan. Populasi penduduk Mongolia 3,3 juta dan mengandalkan 56.000 Nakes untuk menjaga layanan kesehatannya supaya tetap berjalan profesional ditengah pandemi. Data terakhir, di negara ini hampir 150.000 orang yang tertular Covid-19.

 

Presiden Ariunaa Kharkhuu mengatakan terlepas dari peran penting kesehatan dan pekerja medis dalam krisis kesehatan, reformasi pemerintah di sektor medis pada tahun 2021 telah memperburuk kondisi kerja mereka. (uniglobalunion.org)

Komentar