KSBSI Sambut Baik Peluncuran Platform Kadin For Naker

KSBSI Sambut Baik Peluncuran Platform Kadin For Naker

Presiden KSBSI, Elly Rosita Silaban saat menyampaikan sambutannya di agenda peluncuran KADIN For Naker, Minggu (30/04/2023) di Jakarta (foto;handi)

Elly Rosita Silaban, Presiden KSBSI diberi kesempatan pertama untuk menyampaikan sambutannya, Elly mengatakan KSBSI menyambut baik kolaborasi antara pengusaha, pemerintah dan serikat buruh, utamanya dalam peluncuran Kadin for naker ini.

Baca juga:  Berikan Wejangan di HUT KSBSI, Waketum Kadin: Kesejahteraan itu Ukurannya Bukan Uang!,

KSBSI.ORG, JAKARTA - Konfederasi Serikat Buruh Seluruh Indonesia (KSBSI) hari ini hadiri peluncuran Platform KADIN For Naker. Adalah sebuah Platform digital online bidang ketenagakerjaan yang diinisiasi oleh Kamar Dagang dan Industri (KADIN) Indonesia bekerja sama dengan PIJAR Foundation dan melibatkan Konfederasi Pekerja/Buruh sebagai platform untuk meningkatkan ketrampilan pekerja dalam menghadapi era digitalisasi.

Dalam kesempatan tersebut, Elly Rosita Silaban, Presiden KSBSI diberi kesempatan pertama untuk menyampaikan sambutannya, Elly mengatakan KSBSI menyambut baik kolaborasi antara pengusaha, pemerintah dan serikat buruh, utamanya dalam peluncuran Kadin for naker ini. 

"Semoga platform ini dapat menjawab tantangan pekerja/buruh dalam menghadapi era revolusi industri 4.0 ke Society 5.0." kata elly dalam peluncuran platform Kadin for Naker di Lapangan Panahan, Kompleks Gelora Bung Karno (GBK), Jakarta, Minggu (30/4/2023).

Ketua Umum Kadin Indonesia, Arsjad Rasjid dalam sambutannya mengatakan, revolusi industri 4.0 yang dipenuhi oleh teknologi digital dan otomatisasi dapat memajukan industri, tetapi berpotensi membuat disrupsi berupa penggantian sumber daya manusia (SDM) oleh teknologi guna meningkatkan efektivitas dan efisiensi produksi.

"Jadi ada dua hal, bagaimana kita perlu meningkatkan skill bagi para buruh atau tenaga kerja di era industri 4.0 dan juga penambahan keterampilan apabila sumber daya manusia harus digantikan oleh teknologi digital dan otomatisasi." jelasnya. 


Seperti diketahui, Kadin for Naker adalah inisiasi Kadin Indonesia yang berkolaborasi dengan Konfederasi Serikat Buruh atau Pekerja dan didukung oleh Pijar Foundation. Kadin for Naker merupakan sebuah platform digital khusus untuk para tenaga kerja. Tujuan dari Kadin for Naker adalah memberikan pelatihan dan pengembangan keterampilan yang dapat diakses oleh seluruh tenaga kerja di Indonesia dari berbagai sektor dan industri.

Kadin for Naker juga memberikan kesempatan bagi tenaga kerja yang ingin mengembangkan keterampilan kewirausahaan. Kadin Indonesia berkomitmen untuk meningkatkan kualitas SDM Indonesia, khususnya di bidang ketenagakerjaan. Salah satu upaya mewujudkan hal tersebut adalah melalui revitalisasi pendidikan dan pelatihan vokasi.

Perpres No 68 Tahun 2022 mengenai Revitalisasi Pendidikan dan Pelatihan Vokasi mengamanatkan Kadin Indonesia untuk menjalankan Standar Kompetensi Kerja Nasional Indonesia (SKKNI). Kadin for Naker ini menjadi salah satu bagian dari persiapan peningkatan kapasitas dan skill pekerja Indonesia

Dalam platform Kadin for Naker, tiap pekerja nantinya akan menemukan berbagai program pilihan untuk meningkatkan kapasitas atau skill pekerja. Mulai dari pembelajaran bahasa, pengembangan keterampilan yang dibutuhkan dalam meningkatkan jenjang karir, pengembangan kemampuan diri, hingga tes minat dan bakat. Ke depannya, platform ini juga akan menyediakan layanan pasar kerja yang akan menjembatani pekerja dengan pencari kerja.

Turut hadir dalam agenda ini, perwakilan dari Kemnaker, Ibu Indah Anggoro Putri Dijen PHI dan Jamsos beserta jajarannya, Arshad Rasjid Ketua KADIN dan Jajarannya, Presiden-Presiden Konfederasi dan jajarannya.   (RED/HTS)


Komentar