DPP Kamiparho-KSBSI Lakukan Konsolidasi Perdana di Kota Jambi

DPP Kamiparho-KSBSI Lakukan Konsolidasi Perdana di Kota Jambi

ksbsi.org-Jambi - Hari ini Dewan Pengurus Pusat Federasi Serikat Buruh (FSB) Makanan Minuman Pariwisata Restoran Hotel dan Tembakau (Kamiparho) melakukan konsolidasi untuk pertama kalinya di Kota Jambi. Ada dua agenda yang akan mereka lakukan diantaranya sosialisasi Program Jaminan Kehilangan Pekerjaan (JKP) BPJS Ketenagakerjaan.

Baca juga:  Sidang Lanjutan ILC ke 110, Presiden KSBSI Intervensi Cina Hapus Diskriminasi dan Menghormati K-111 ,

Supardi Ketua Umum FSB Kamiparho dalam keterangan melalui sambungan telepon mengatakan, "Tadi kami melakukan pertemuan dengan manajemen PT Lingga Arthess salah satu perusahaan air mineral terbesar yang berada di Kota Jambi." pada, Sabtu (04/06/2022). 

Turut mendampingi dalam pertemuan tersebut yakni Sulistri Sekjen DPP FSB Kamiparho, Ajiudin Ketua Pengurus Komisariat (PK) FSB Kamiparho PT Lingga Harapan Arthess dan Hendra Ambarita Sekretaris Korwil KSBSI Kota Jambi.

"Dalam pertemuan tersebut kami didampingi pengurus PK dan pengurus Korwil KSBSI Jambi, intinya menanyakan hasil perundingan Perjanjian Kerja Bersama (PKB) PT Lingga Harapan Arthess yang baru saja selesai dan ditandatangani." katanya.

Supardi mengatakan ada beberapa pencapaian yang saat ini terjadi di kepengurusan PK PT Lingga Harapan Arthess, terutama dalam pasal-pasal perubahan PKB.

"Dari beberapa point salah satunya, yang dulunya minggu karyawan masuk dan tidak dihitung lembur sekarang menjadi libur atau masuk tetapi dihitung lembur. Artinya waktu kerja sudah mulai mengikuti aturan perundang-undangan yang berlaku." jelasnya.

"Demikian juga tentang pengakuan terhadap adanya serikat buruh, yang dulunya iuran dippungut secara manual oleh pengurus, sekarang pihak manajemen sudah mulai membantu dengan melakukan pemotongan iuran serikat secara check off system (COS). Dan satu lagi tentang jam kerja, sudah tidak lagi menerapkan shift malam bagi pekerja perempuan, sekarang cuma ada 2 shift saja." ungkapnya.

Bertemu langsung dengan Direksi PT Lingga Harapan Arthess bapak Sutiono dalam diskusi tadi juga menghasilkan komitmen.

"Kami menyepakati secara simultan berkoordinasi atau melakukan sosial dialog dengan pengurus PK kaitanya dalam membahas segala bentuk persoalan hubungan industrial, baik menyangkut kemajuan perusahaan, hak-hak buruh dan produkstifitas." bebernya.

Rangkaian kunjungan konsolidasi Kamiparho rencanannya akan dilanjutkan dengan agenda sosialiasi program JKP BPJS Ketenagakerjaan di Hotel Wiltop Jambi, pesertanya dari PK PT Arthess. 

"Kamiparho juga berencana melakukan program requitmen PK baru, menggingat saat ini masih ada 2 PK sehingga kedepan kami akan mengupayakan penambahan PK lagi supaya bisa terbentuk DPC Kamiparho di Jambi." pungkasnya. (RED/HTS/MBJ)



Komentar