Wujudkan Sosial Dialog Walaupun Di Masa Covid-19

Wujudkan Sosial Dialog Walaupun Di Masa Covid-19

KSBSI.ORG: Serikat Buruh Belanda (CNV International) bersama Asosiasi Pengusaha Belanda (DECP) memfasilitasi Konfederasi Serikat Buruh Seluruh Indonesia (KSBSI) bersama Asosiasi Pengusaha Indonesia (APINDO) untuk melaksanakan rutinitas program sosial dialog.

Baca juga:  KSBSI Akan Mengawal RUU Cipta Kerja Sampai Memihak Pada Buruh ,

Workshop secara Webinar dengan Tema pokok “Konsep Dialog Sosial Sebagai Paradigma Baru Hubungan Industrial Di Era New Normal di Indonesia. Agenda dua hari  merupakan program lanjutan dari komitmen bersama antara KSBSI dengan Apindo bekerja sama dengan Asosiasi Pengusaha Belanda (DECP) dan serikat buruh CNV Belanda yang diadakan di Hotel Wyndham Casablanca Jakarta pada 24-25/8/20.

 

Elly Rosita Silaban Presiden KSBSI dalam membuka acara menyatakan bahwa dengan berdialog semua bisa teratasi, dengan berdialog bisa mengubah sesuatu, dengan bersosial dialog juga bisa mengubah sistem dengan apapun yang kita inginkan bersama-sama walaupun mungkin tidak semua di sepakati, sebab tidaklah mudah untuk duduk bersama antara pekerja dengan pengusaha. 

 

Program dialog sosial ini di awali dengan salah satu program Training of Trainers (TOT) dan di hadiri oleh 130 peserta, yang masing-masing  Perwakilan terdiri  30 orang peserta masing-masing dari wilayah, yakni DPP APINDO, KSBSI Makassar, KSBSI Medan, KSBSI Jawa Barat, KSBSI DKI Jakarta.

 

Tujuan pelatihan ini merupakan pembekalan kepada pengurus serikat buruh KSBSI untuk melakukan proses Bipartit antara buruh/pekerja dan manajemen perusahaan serta pekerjaan yang layak.

 

Dialog sosial ini di inisiatifi secara bersama-sama dan mulai tahun 2017 dan  di teruskan oleh kepengurusan (DEN KKSBS) yang sekarang yaitu Elly Rosita Silaban presiden KSBSI serta Dedi Hardianto sebagai Sekjend KSBSI untuk menindaklanjuti program yang sudah di sepakati bersama.

 

Eduard Pakpahan Koordinator Sosial Dialog Trade union Coperation Projek and Sosial (TUCP) menyatakan program dialog sosial ini sudah banyak manfaatnya diantaranya sudah terbentuknya lembaga sosial dialog di Bandung, dan projek-projek sosial dialog di berbagai daerah serta PKB-PKB yang tercapai di berbagai perusahaaan baik PKB di tingkat perusahaan maupun  multi perusahaan.

 

Eduard menambahkan, “Program Dialog Sosial yang berlangsung mampu tercipta kader-kader di seluruh  daerah yang mampu membimbing, dalam mempromosikan dialog sosial yang harmonis berkesinambungan dan juga berkeadilan”, harapnya. (tnj)

 

Komentar