Dorong Sinergi Antar Stakeholder, KSBSI Gelar Pertemuan Dengan Pejabat UN dan Direktur ILO

Dorong Sinergi Antar Stakeholder, KSBSI Gelar Pertemuan Dengan Pejabat UN dan Direktur ILO

ksbsi.org-Jakarta-- Presiden KSBSI yang juga Chair L20 Presidensi G20 Indonesia Elly Rosita Silaban beserta jajaran menghadiri pertemuan dengan pejabat United Nations (UN) dan ILO untuk Indoneisa-Timor Leste di Kantor ILO, Jakarta pada, Jum at (01/07/2022).

Baca juga:  DPP FSB GARTEKS Gelar Training Organiser dan Negoisasi CBA di Jawa Tengah ,

Agenda ini secara khusus membahas tentang upaya meningkatkan kolaborasi dan sinergitas dengan para stakeholder kaitannya dengan isu L20 Presidensi G20 Indonesia yang beririsan dengan Tujuan Pembangunan Berkelanjutan atau Sustainable Development Goals, disingkat SDGs atau Global Goals.

Seperti diketahui, isu L20 lebih mengarusutamakan ke isu ketenagakerjaan terutama isu Just Transition, dimana saat ini belum ada satupun langkah nyata untuk memastikan transisi yang adil bagi mereka yang nantinya akan berdampak perubahan iklim dan transisi energi. 

Dari hasil diskusi L20 sebelumnya, telah menghasilkan komitmen untuk mendorong pembentukan Komite Tripartit Just Transition, dimana komite ini akan membuat riset atau kajian tentang just transition. Hal ini dirasa perlu untuk langkah awal dalam menghadapi isu Perubahan iklim dan transisi energi.

Sehingga apa yang menjadi Tujuan Pembangunan Berkelanjutan dengan 17 tujuan dengan 169 capaian yang terukur dalam tenggang waktu yang telah ditentukan oleh PBB sebagai agenda pembangunan dunia untuk keselamatan manusia dan planet bumi dapat terwujud. 

Mengutip dari laman Facebook Elly Rosita Silaban mengatakan bahwa, Pertemuan  dengan Direktur ILO Indonesia-Timor Leste Ibu Michiko Miyamoto serta Resident Coordinator UN atau PBB Mrs Valerie. 

"Kami bertukar informasi dan menjelaskan kegiatan yang telah dan sedang Serikat Buruh lakukan. Issue Just Transition adalah salah satu issu yang lebih kami elaborasi atau kami tekuni dan cermati." 

Elly mengatakan pentingnya sebuah langkah nyata dalam menghadapi perubahan iklim dan transisi energi, dan perlunya membentuk sebuah Lembaga Tripartit yang konsen di isu Just Transition. 

"Perlu pemahaman luas, melibatkan banyak pihak, komitmen, persetujuan dan keinginan membentuk Komite Tripartit. Semua ini sudah didepan mata, mari kita lanjutkan supaya kita dapat pemahaman tentang definisi just transisi dan dampaknya terhadap buruh, terhadap penduduk dan terhadap kita semua." kata Elly. 

Elly juga mengungkapkan akan pentingnya kolaborasi antar pemangku kepentingan, baik Tripartit, UN dan ILO harapannya bisa bersama-sama dalam mewujudkan transisi yang adil bagi penduduk dunia.   

"ILO akan menfasilitasi pertemuan L20 dan Bisnis-20 untuk menilai kemungkinan adanya sinergi isu-isu yang akan dibawa dalam KTT G20." tutupnya.

Hadir dalam Agenda tersebut, Presiden KSBSI yang juga Chair L20 Presidensi G20 Indonesia, Elly Rosita Silaban beserta jajaran CO Chair L20, Rekson Silaban, Sulistri, dan perwakilan dari KSPSI Caitu Idris Palar, Sedangkan perwakilan dari Resident Coordinator PBB dan L20, Mrs Valerie, Direktur ILO Indonesia-Timor Leste Mrs Michiko Miyamoto beserta jajarannya Irham Ali Saifuddin dan Soeharjono Yono. (RED/HTS/MBJ)


Komentar