Gelar Konsolidasi Akbar PK ISS Korda Lampung, DPP NIKEUBA Optimis Penambahan Anggota Baru

Gelar Konsolidasi Akbar PK ISS Korda Lampung, DPP NIKEUBA Optimis Penambahan Anggota Baru

Dewan Pengurus Pusat Federasi Serikat Buruh Niaga Informatika Keuangan Perbankan dan Aneka Industri (DPP FSB NIKEUBA) afiliasi Konfederasi Serikat Buruh Seluruh Indonesia (KSBSI) pada, Sabtu (12/08/2023) menggelar konsolidasi akbar PT ISS Koordinator Daerah (Korda) Lampung

Bahwa dalam rangka menjalankan amanah organisasi terkait peran serikat buruh dalam memberikan pendidikan, pelatihan, pengutan-penguatan serta pembangunan kapasitas berorganisasi, saat ini konsolidasi terus dilakukan oleh DPP FSB NIEKUBA bagi anggotanya di daerah.

Baca juga:  Pengemudi Transjakarta Resmi Bentuk Serikat Buruh Afiliasi FSB NIKEUBA-KSBSI,

KSBSI.ORG, LAMPUNG - Bambang SY, Deputi Konsolidasi FSB NIKEUBA mengatakan bahwa dalam rangka menjalankan amanah organisasi terkait peran serikat buruh dalam memberikan pendidikan, pelatihan, pengutan-penguatan serta pembangunan kapasitas berorganisasi, saat ini konsolidasi terus dilakukan oleh DPP FSB NIEKUBA bagi anggotanya di daerah.

Dewan Pengurus Pusat Federasi Serikat Buruh Niaga Informatika Keuangan Perbankan dan Aneka Industri (DPP FSB NIKEUBA) afiliasi Konfederasi Serikat Buruh Seluruh Indonesia (KSBSI) pada, Sabtu (12/08/2023) menggelar konsolidasi akbar PT ISS Koordinator Daerah (Korda) Lampung.

"DPP bersama Pak Alimudin, Ketua Pengurus Komisariat (PK) PT ISS melakukan konsolidasi akbar dengan Korda kota Lampung, Pak Fikran dan tim." kata Bambang usai ditemui di kantor KSBSI Cipinang Muara, Minggu (13/08/2023).

Bambang menjelaskan bahwa penguatan dan pengembangan kapasitas berorganisasi terus kami genjot dahulu, sebelum nantinya Korda-Korda PT ISS tersebut akan dibekali dengan materi tentang pengorganisasian anggota. 

"Tadi, Sekretaris Jenderal DPP FSB NIKEUBA, Dwi Harto Hanggono meberikan penguatan terkait hak-hak dasar di tempat kerja, lalu terlibat diskusi membahas kasus-kasus, bagaimana mekanisme PHK, kontrak, serta bagaiamana di PK PT ISS kedepan, khususnya di Lampung menjadi besar." jelas Bambang.

Dalam pertemuan dan diskusi tersebut juga disepakti diantaranya terkait rencana pertemuan lanjutan. Hal ini berdasarkan kebutuhan Korda Lampung dalam membangun kapasitas anggota baru dan calon anggota.

"Kedepan kami akan merencanakan pelatihan Basic Training untuk anggota baru dengan catatan ada penambahan anggota baru 300 sampai 400 orang. Dan akan ada pelatihan pengorganisasian bagi pengurus PK PT ISS Lampung, khususnya dalam merekrut dan mengorganiser calon anggota diluar ISS, karena rencana besar kami adalah membentuk Dewan Pengurus Cabang (DPC) Lampung." ungkap Bambang.

Perekrutan dan pembentukan serta pembangunan sumber daya manusia memang menjadi tantangan tersendir bagi eksistensi serikat buruh. Namun demikian, Bambang SY mengaku bangga akan antusias anggota PK ISS dalam menghadiri konsolidasi ini.

"Karena pertemuan ini di lakukan di Sibalang, di pinggir pantai, agak jauh dari perkotaan. Namun demikian, antusiasme anggota yang hadir melebihi ekspektasi, dari undangan awal 70 orang, ternyata dihadiri kurang lebih 150 orang, dan ini yang menjadikan DPP FSB NIEKUAB menjadi lebih bersemangat dalam membangun gerakan dan pengembangan DPC di provinsi Lampung." bebernya

Terakhir, Bambang berharap bahwa berserikat jangan sampai diliputi oleh ketakutan, maka perlunya pendidikan dan pelatihan BATRA serta Pengorganisasian. Akan tetapi, pengorganisasian dimulai dari memaksimalkan yang ada didalam terlebih dahulu, karena serikat yang ada di PT ISS ini, satu satunya hanyalah NIKEUBA yang betul-betul berani membela hak-hak buruhya, serta berharap di Lampung kedepan akan terbentuk DPC baru. 

Turut hadir dalam pertemuan konsolidasi tersebut, Ketua PK PT ISS, Alimudin, Asep Cindra Sekretaris PK, perwakilan anggota PT ISS Korda Lampung. (RED/Handi) 

Komentar