Hasil Kongres ITUC-Asia Pasific yang ke 5, Kedepan KSBSI Punya Banyak Peran

Hasil Kongres ITUC-Asia Pasific yang ke 5, Kedepan KSBSI Punya Banyak Peran

Presiden KSBSI bersama Sekjen dan Presiden ITUC AP usai agenda kongres di Bangkok, Rabu (22/11/2023).

Kongres berakhir sore ini, dan Elly Rosita terpilih sebagai General Council dan juga Eksekutif Biro dan Komite Keuangan dan fundraising sebagai lembaga yang baru didirikan di Kongres ini untuk pertama kalinya.

Baca juga:  KSBSI Ikuti Agenda Konferensi ITUC Asia Pasifik di Bangkok ,

KSBSI.ORG, BANGKOK - 5th Regional Conference of the ITUC - Asia Pasific berakhir sore ini waktu setempat. Kongres telah memilih Felix Anthony sebagai Presiden (Fiji) dan Shoya Yoshida, sebagai Secretary General (Jepang).

Dari jalannya kongres, Maria Emeninta koordinator ACV-CSCIAsia mengatakan hari ini kongres telah berakhir dengan kepengurusan yang baru.

"Sekjen ITUC AP lama terpilih kembali, dan untuk PrEsiden ITUC AP, seharusnya presiden KSBSI adalah calon kuat tapi mengingat menjaga hubungan baik, akhirnya beliau mundur." kata Maria usai mengikuti kongres ITUC AP ke 5 di Bangkok, Rabu (22/11/2023).

Maria menjelaskan bahwa karena itu mundurnya Presiden KSBSI sebgai kandidat kuat Presiden ITUC AP, maka muncul beberapa calon baru, dari India yang dapat dukungan kuat dari delegasi Afrika selatan. Namun demikian, akhirnya dimenangkan oleh Felik Anthoni sebagai Presiden ITUC AP dengan 20 suara.

Kongres juga menghasilkan banyak program tentan pekerjaan, hak buruh, organizing. dan ada sekitar 17 resolusi tentang hal-hal yang mendesak dibeberapa negara.

"Seperti korban gempa di Nepal, ketidak berpihakan kepada buruh di Srilangka, lalu ada terhadap pembunuhan aktifis buruh di Filipina, tentang seruang untuk membebaskan Palestina." jelas Maria.

Lebih lanjut, Maria mengucapkan selamat kepada KSBSI yang mempunyai banyak peran saat ini dan kedepan di ITUC AP.

"Kongres berakhir sore ini, dan Elly Rosita terpilih sebagai General Council dan juga Eksekutif Biro dan Komite Keuangan dan fundraising sebagai lembaga yang baru didirikan di Kongres ini untuk pertama kalinya." ungkap Maria.

Sementara itu, Elly Rosita Silaban, Presiden KSBSI saat ditemui di tempat yang sama mengucapkan terima kasih yang sebesar-besarnya atas kepercayaan yang diberikan. Dan sebuah tantangan tersendiri bagi KSBSI karena mempunyai banyak peran kedepan di ITUC-AP. 

"Untuk KSBSI, saya sendiri sebagai Regional Council Member, sebagai Executive Bureau, dan duduk sebagai Komite Financial dan Solidarity Fund, 2023-2027." kata Elly usai agenda kongres ITUC AP di Bangkok, Rabu (22/11/2023).

Duduk di Komite perempuan ITUC AP dari KSBSI yakni Sri Rejeki bendahara FSB KIKES sekaligus Sekretaris K2N KSBSI, Untuk Komite pemuda ada Nanda Maureen dari FSB KAMIPARHO sekaligus Ketua Komite Pemuda KSBSI. (RED/Handi)

Komentar