Memperingati HUT Bhayangkara ke 76, Aliansi Serikat Buruh Jepara Bersilaturahmi ke Polres Jepara

   Memperingati HUT Bhayangkara ke 76, Aliansi Serikat Buruh Jepara Bersilaturahmi ke Polres Jepara

.

KSBSI.org, JAKARTA-Dalam memperingati perayaan Hari Ulang Tahun (HUT) Bhayangkara ke 76, Aliansi Serikat Buruh Jepara melakukan audiensi ke Polres Jepara, Kamis (30/1/2022). Kunjungan ini langsung disambut Kapolres Jepara AKBP Warsono, SH., SIK., MH, bersama jajarannya. Diskusi tersebut, membahas persoalan tentang ketenagakerjaan di Kabupaten Jepara Jawa Tengah.

Baca juga:  Antisipasi Kecelakaan Kerja, FKUI-KSBSI Gelar Pelatihan Dasar K3,

Toto Susilo, SH perwakilan Aliansi Serikat Buruh Jepara mengatakan bahwa pertemuan pihaknya dengan Kapolres Jepara sangat disambut baik. Bahkan, sebelum pertemuan, pihak Polres Jepara mengundang perwakilan serikat buruh untuk ikut memperingati perayaan HUT Bhangkara ke 76.

“Saat kami bersilaturahmi dengan Pak Kapolres, beliau mengajak Aliansi Serikat Buruh Jepara untuk saling bersinergi. Dan kami pun menyambut baik tawaran beliau,” ucap Toto, saat diwawancarai melalui seluler, Jumat (1/7/2022).

Lanjutnya, Toto mengatakan ada beberapa poin yang disampaikan saat berdialog. Pertama, meminta agar Polres Jepara lebih peduli terhadap kasus pelanggaran ketenagakerjaan yang ada unsur pidananya. Kedua, meminta menambah jumlah personil Polisi Lalu Lintas (Polantas). Agar lebih bisa mengatur ketertiban di jalan raya, saat buruh pergi dan pulang bekerja dari perusahaan.

Sebab Kabupaten Jepara sekarang ini sudah menjadi wilayah industri.  Jumlah buruhnya sudah mencapai 70 ribu orang. Sehingga berdampak pada kemacetan dan rawan kecelakaan lalu lintas.  “Untuk poin ke tiga kami meminta mempermudah pelayanan SIM dari pihak Polres Jepara dengan melakukan jemput bola ke perusahaan. Supaya buruh tidak kesulitan lagi mengurus SIM,” kata Toto yang juga Ketua DPC FSB GARTEKS KSBSI Kabupaten Jepara.

Nah, untuk poin ke empat, pihaknya meminta agar Kapolres kedepannya bisa terlibat memfasilitasi dan melibatkan stake holder dari birokrat saat pertemuan Tripartit tingkat kabupaten. Pasalnya, selama in I setiap ada pertemuan Tripartit, hanya masih dihadiri tingkat personal, bukan pengambil keputusan.

Toto menyampaikan bahwa hubungan aktivis serikat buruh dengan pihak Polres Jepara terbilang sangat baik. Bahkan, pada momen perayaan HUT Bhayangkara  ke 76, Kapolres memberikan piagam penghargaan. Dan pihak Aliansi Serikat Buruh Jepara pun juga membalasnya memberikan karangan bunga ucapan HUT Bhayangkara.

“Dari hasil pertemuan dengan Kapolres Jepara, kami berharap semoga nanti menjadi lebih bersinergi,” tutupnya. (AH)  

Komentar